Jelang Pilkades, Pasukan Linmas Rembang Disiagakan

oleh -
Bupati Rembang saat mengecek kesiapan pasukan Satlinmas

REMBANG – cbfmremban.com, Sebanyak tiga ratusan orang dari Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) desa/kelurahan se-Kabupaten Rembang tahun 2019 mendapat arahan penting untuk mewujudkan kamtibmas pada gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 06 November 2019.

Arahan disampaikan langsung Bupati Rembang H Abdul Hafidz, di halaman kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Senin pagi (21/10/2019).

Detik-Detik Bangunan Kompleks Kantor Dinas Pertanian Terbakar

Bupati Rembang memberikan apresiasi kepada Satlinmas yang selalu membantu TNI – Polri dalam giat pengamanan setiap ajang pesta demokrasi diselenggarakan, baik ditingkat yang paling atas sampai tingkatan yang paling bawah, yakni di tingkat desa. Ia berharap tidak terjadi gangguan Kamtibmas saat pelaksanan sampai dengan paska penetapan pemilihan.

“Pemilihan kepala desa merupakan kedaulatan rakyat di desa, dalam rangka memilih kepala desa yang bersifat langsung jujur dan adil. Pemilihan kepala desa dilaksanakan melalui tahapan persiapan, pencalonan, penetapan, tuju belas hari lagi merupakan tahapan pemungutan suara. Pemungutan suara harus berjalan dengan sukses yang artinya pelaksanaaan harus berjalan sesuai rencana yang telah dibuat oleh panitia. Pemerintah Kabupaten Rembang akan terus berupaya untuk menjaga agar tetap kondusif. Saya berharap Pilkades serantak tidak terjadi gangguan keamanan menjelang sampai dengan saat pemungutan suara nanti. Menurut saya tema kali ini sanmgat tepat yaitu “perkuat solidaritas dan soliditas Satlinmas untuk Rembang yang Kondusif”. Ujarnya.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Rembang Waluyo menyebutkan, ada 25 anggota Satlinmas inti, yang akan dibagi di kecamatan yang menyelenggarakan Pilkades serentak tahun 2019 ini.

Sedangkan jumlah Satlinmas secara keseluruhan di Kabupaten Rembang ada lebih dari 6000 ribu pasukan Satlinmas. Mereka akan diterjunkan H-2 sampai H+2 setelah pemungutan suara.

“Anggota inti Satlinmas ada 25 orang, akan dibagi, kalau masing-masing TPS itu dari pihak desa. Saat ini sekitar ada 3000 TPS, sedangkan jumlah Linmas kami ada 6000 an. Akan mulai diterjunkan H-2 sampai H+2. Kalau Linmas inti yang membina Satpol PP, kalau desa di desa,” katanya.

Anggota Satpol PP Rembang yang dilibatkan dalam Pilkades, seluruhnya sudah mendapatkan pelatihan dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban selama pesta demokrasi. ( Asmui / Mifta )