Istri Forkopimda Melihat Langsung Lokasi Penambangan PT Semen Gresik di Tuban

oleh -

TUBAN – cbfmrembang.com, Istri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Rembang melihat langsung bagaimana proses pembuatan semen di pabrik PT.Semen Gresik di Tuban, Selasa 18 Februari 2020. Mereka diberikan informasi mulai pra tambang, proses penambangan, pengolahan semen hingga paska penambangan hingga pemanfaatan CSR dan UMKM bagi masyarakat sekitar.

Kunjungan industri tersebut dipimpin oleh Istri Bupati Rembang Hasiroh Hafidz, Istri Wakil Bupati Vivit Bayu Andriyanto, Istri Sekda Sri Mulatsih Subakti, Istri Kapolres Nungki Dolly A Primanto, Istri Dandim Yunita Andi Budi S.

Hasiroh Hafidz berharap dengan dilakukannya kunjungan itu bisa memunculkan ilmu, pengalaman kreasi dan inovasi baru.

Di Tuban ini sudah terdapat 4 pabrik semen yang faktanya tidak mengganggu lingkungan , karena ada program reklamasi yang baik. Hal tersebut tentu akan di terapkan di PT Semen Gresik Pabrik Rembang.

“Kedatangan kami ingin tau karena kami dari Kabupaten Rembang baru ada satu pabrik yang mana kemarin-kemarin sebelum adanya pabrik semen ini muncul banyak gunjingan-gunjingan masyarakat yang mana kami juga tidak tau untuk ada dan bagaimana Kabupaten Rembang ini setelah ada semen, jadi kami melakukan kunjungan ke sini sehingga nanti jika ada pertanyaan dari masyarakat kami bisa menjelaskan, ” jelasnya.

Berkeliling lokasi penambangan menggunakan bis, rombongan mendapat penjelasan dari Eko Purnomo sebagai Mining Officer di Pabrik Semen Tuban.

Ia menjelaskan bahwa dari luas 7 hektar lahan yang habis di tambang tersebut kemudian direklamasi menjadi embung-embung sebagai penampungan air yang berguna untuk perairan pertanian masyarakat di sekitar pabrik.

Selain itu area green belt atau dipinggir lokasi penambangan juga ditanami pohon buah-buahan seperti mangga, kelengkeng dan tanaman palawija seperti ketela, jagung dan kedelai. Ini juga dapat dimanfaatkan oleh petani sekitar.

Dengan adanya embung- embung tersebut petani sekitar juga bisa panen tiga kali. Padahal sebelumnya hanya sekali panen dalam setahun.

Dalam agenda kunjungan industri itu rombongan istri Forkopimda menanam pohon kawis di sana. Usai berkeliling Istri Bupati beserta rombongan menuju desa binaan UMKM batik tulis Pabrik Semen Tuban. (Ki Dwi/Mifta)