Ini Total Kerugian Akibat Kebakaran di Swalayan Pantes

oleh -
Petugas Pemadam Kebakaran sedang menjinakkan api

LASEM – cbfmrembang.com, Kebakatan swalayan Pantes yang berlokasi di tepi jalan pantura Rembang – Lasem Kamis pagi (5/9/2019) itu menyedot perhatian pengendara yang melintas.

Hubungan pendek arus listrik menjadi pemicu utama terjadinya peristiwa kebakaran. Lokasi korsliting listrik itu berada di lantai dua, tepatnya berada dibagian dapur bangunan yang digunaka untuk resto ada kabel yang terbakar. Sedangkan lantai satu yang digunakan untuk berjualan pakaian, sandal, dan sebagainya selamat.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

Baca : Pagi Ini Swalayan Pantes Yang Berlokasi di Kecamatan Lasem Terbakar

Adapun barang-barang yang terbakar area lantai dua adalah, meja kursi, kompor gas, dan aneka macam perabotan rumah tangga kipas angina, lemari pendingin, yang digunakan untuk berjualan.

Sedangkan tabung gas 12 kg yang ada dilantai tersebut berhasil dievakuasi keluar area kebakaran, sehingga tidak terjadi ledakan.

“Kalau tabung gas tadi ada yang melempar keluar dari atas oleh warga sehingga taka da ledakan,” kata Sarpani anggota Damkar Rembang.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun pihak Kepolisian, kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh Suyanto alias To, usia 59 Th, warga Desa Soditan Lasem yang berprofesi sebagai Tukang becak. Ia kebetulan melintas.

Ia langsung memberitau Suratmin, dan Hudoyo warga Desa Soditan Lasem, yang merupakan security di swalayan tersebut. Melihat hal tersebut mereka meminta tolong kepada warga yang melintas. Dan menghubungi pihak pemadam kebakaran.

“Saya kaget meihat kabel terbakar dilantai dua terus muncul api besar. Saya kasih tau penjaganya yang ada di pos jaga,” kata Suyanto.

Kapolsek Lasem AKP Didik Dwi Susanto mengatakan, berdasarkan hasil olah kejadian perkara, diperkirakan pemilik Pantes menelan kerugian hingga Rp 30 juta.

“Pemiliknya, Purwanto warga RT 4 RW 6 Desa Gabus Kabupaten Pati itu mengalami kerugian Rp 30 juta. Peristiwa tersebut pemilik swalayan tidak mengasuransikan atas peristiwa tersebut,” kata Kapolsek Lasem.

Sejumlah pegawai swalayan tersebut nampak membersihkan sisa kebakaran. Bangunan swalayan pantes terdiri dari tiga lantai. Lokasi kebakaran hanya berada di lantai dua. Lantai satu dan lantai tiga masih aman. Agar kembali tak terulang pihak PLN terlihat melakukan perbaikan istalasi dilokasi tersebut. ( Asmui / Mifta )