Ini Jadwal Perayaan Imlek di Rembang, Ada Apa Saja?

oleh -380 views
Simulasi perayaan imlek di Rembang foto:istimewa

REMBANG – cbfmrembang.com, Puncak kemeriahan perayaan tahun baru imlek di Kabupaten Rembang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2019 mendatang pukul 19.00 WIB. Acara akan diselenggarakan di aula Dwi Kumala Convention and Wedding Hall Jl. KS. Tumbunan 24 Rembang dengan menghadirkan penyanyi asal kota Solo Didi Kempot untuk memeriahkan malam tahun baru imlek.

Ketua panitia perayaan imlek di klenteng Hok Tik Bio Rembang Sri Yuliarti mengatakan dipilihnya tanggal 15 Februari karena berdasarkan waktu yang disepakati bersama. Sedangkan pada tanggal 5 februari tepat jatuhnya tahun baru imlek, biasa digunakan warga keturunan tionghua untuk mengadakan acara keluarga seperti makan-makan dengan keluarga besar dirumah masing-masing.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

“Kita mengadakan imlek bersama dari lintas agama apa saja, karena yang kita panggil itu Forum Kerukunan umat Beragama (FKUB) jadi perayaan tahun baru bersama. Kebetulan yang kita ambil itu tanggal 15 karena teman-teman itu banyak yang bisa tanggal 15. Kalau pas imlek tanggal 5 itu karena kita banyak acara dikeluarga masing-masing jadi kita ambil tanggal 15 agar tidak bebarengan,” terang saat ditemui dirumahnya.

Beberapa persiapan sudah mulai dilakukan sejak tanggal 1 Februari. Mulai dari bersih-bersih interior hingga memandikan patung dewa-dewi. Termasuk pemasangan gorden di lokasi patung dewa-dewi.

Dirinya berujar pada acara puncak perayaan imlek tahun ini lebih benuansa jawa. Dengan mengundang penyanyi asal kota Solo Didi Kempot diharapkan para tamu yang sifatnya umum juga bisa ikut menikmati kemeriahan imlek di klenteng Hok Tik Bio.

“Tahun ini itu kita mengadakan jadi tahun baru kayak kejawen. Jadi yang kita panggil itu mas Didi Kempot bersama grupnya karna nanti ini sistemnya jadi kayak menggunakan tradisi-tradisi jawa,” jelasnya wanita yang memiliki nama tionghua Oei Siok Nio

Untuk acara penutupan tahun baru imlek akan dilaksanakan di Klenteng Tjoe Hwie Kiong pada tanggal 19 Februari. Karena perayaan Imlek tahun ini, merupakan momen menjelang Pemilu 2019. Ia berharap agar jalannya pemilihan Calon Legislatif (Caleg) maupun Capres-cawapres nanti bisa berjalan secara damai. ( Rendi / Mifta )