Honor Guru Madin dan TPQ Naik

oleh -578 views

REMBANG – cbfmrembang.com, Setelah mendapat sosialisasi mengenai honorarium Guru madrasah diniyah (madin) Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) melalui sistem transaksi non tunai, dikabarkan honor mereka akan naik ditahun 2020 mendatang. Kenaikan honor tersebut diperkirakan sebesar 50 persen dari honor yang diterima Guru Madin TPQ sebelumnya.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz mengatakan selama ini Pemkab sudah berupaya untuk memperhatikan kesejahteraan Guru Madin TPQ. Melaui Peraturan Bupati (Perbub) yang sudah ditentukan, 30 persen dari dana desa digunakan untuk pemberdayaan, termasuk didalamnya untuk pendidikan.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Sehingga desa juga ikut andil dalam meningkatkan kesejahteraan Guru Madin TPQ. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) juga sudah memastikan para guru Madin dan TPQ, termasuk pengasuh pondok pesantren di Jateng menerima bantuan insentif. Bantuan tersebut berasal dari dana hibah pemerintah provinsi setempat sebesar Rp 205 miliar.

Pemberian insentif tersebut sebagai bentuk dukungan Pemprov Jateng terhadap kondisi guru madin dan TPQ agar semakin bermutu dan profesional dalam mendidik generasi muda kedepan.

“Jadi nopo malih Pak Wakil Gubernur sudah mencanangkan semua guru madin juga mendapat insentif di seluruh Jawa Tengah. Jadi jenengan juga entuk tambahan, soko Provinsi entuk, soko Kabupaten entuk, soko deso entuk. Durung meneh nek suk mben tak undakno, walah-walah,” ucap Bupati saat memberikan sambutan pada kegiatan Peningkatan dan pengajuan honorarium, guru madin, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Kabupaten Rembang di Pendapa Museum Kartini, belum lama ini,” jelasnya.

Bupati berpesan, dengan sejumlah honorarium yang diberikan ini jangan sampai para guru Madin dan TPQ tidak disiplin dalam bekerja. Peningkatan mutu pendidikan harus dijaga, sehingga Madin dan TPQ dapat memberikan pendidikan yang berkualitas, bermanfaat dan baroqah, dengan begitu citra Madin TPQ di masyarakat dapat meningkat. ( Rendi / Mifta )