Hasil Seleksi Bakal Calon Kades, Lima Besar Dinyatakan Lolos

oleh -
Panitia Seleksi Tingkat Kabupaten Rembang

REMBANG – cbfmrembang.com, Setelah dua jam tes tertulis bagi bakal calon Kepala Desa berlangsung panitia pelaksana pemilihan Kades tingkat Kabupaten Rembang langsung mengumumkan hasil tes tertulis yang digelar Kamis pagi kemarin.

Tes tertulis tersebut digelar secara terbuka untuk peserta. Bahkan cara pengkoreksiannya dilakukan bersama-sama dengan peserta. Sehingga nilai yang diperoleh peserta satu dengan yang lain terlihat dengan jelas.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

Asisten I yang membidangi Pemerintahan Ahmad Mualif mengatakan, dalam pembuatan soal Pemkab Rembang menggandeng salah satu perguruan tinggi, dari sejumlah unsur, bahkan perwakilan media.

Nilai hasil tes tertulis bukan penentu kelolosan, karena nilai tes tertulis selanjutnya diserahkan kepada panitia di tingkat desa untuk digabungkan dengan tambahan dengan variable yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Bupati, seperti pengalaman di lembaga pemerintahan, usia dan pendidikan yang akan menjadi penentu bakal calon lolos menjadi calon kades.

Peserta yang dinyatakan lolos adalah peringkat satu sampai lima besar. Ia berharap semua pihak dapat menerima hasil seleksi yang sudah dilakukan dengan cara transparan itu.

“Hasil tes tertulis dari panitia tingkat kabupaten tidak menjadi penentu, karena masih akan ditambah dengan nilai tambahan dari panitia tingkat desa. Ini yang akan menjadi penentu lolos dan tidaknya. Pokoknya peringkat lima besar dia merupakan calon,” kata Mualif.

Penetapan bakal calon Kades menjadi Calon Kades dilakukan pada hari ini Jum’at 4 Oktober 2019. Termasuk Desa Sumberjo Kecamatan kota dan Desa Sumbergirang Kecamatan Lasem. Yang para Bakal Calon Kadesnya mengikuti tes tertulis karena terdapat Bakal Cakades lebih dari lima orang. ( Asmui / Mifta )