Gus Yasin Terjun Langsung Punguti Sampah di sungai

oleh -

REMBANG – Atas banyaknya sampah yang ada di sungai Sengit Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang,
Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah Taj Yasin langsung ikut terjun untuk kerja bhakti, Jum’at (10/1/2020). Bersama warga , jajaran Pemkab Rembang TNI dan Polri ,Wagub ikut memungut sampah menggunakan kapal karet.

Selain di sungai Sengit Desa Karangmangu, kegiatan pungut sampah juga menyisir sekitat TPI Sarang dan sepanjang jalan lingkar Desa Temperak.

Detik -detik Kecelakaan Mobil di Pantura Kaliori Rembang, Mobil Hancur

Gus Yasin disela- sela kegiatan mengatakan berdasarkan pengalaman bersih-bersih sampah di sungai Kaligawe ternyata isi sungai bukan hanya sampah namun perabotan rumah. Menurutnya bukan gerakan pungut sampah yang dibanggakan namun penempatan pembuangan sampah yang akan dibuang.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini nanti dapat memiliki gerakan penempatan sampah yang baik dan teratur, pasalnya disaat musim hujan seperti ini sampah dapat menjadi pusat penyakit.

“Saya berharap jika sampahnya bisa dikurangi, normalisasi bisa dilaksanakan, bisa menjadi desa wisata, menjadi sumber air bersih bagi masyarakat sekitar, ning aku njaluk budaya menempatkan sampah pada tempatnya.” Jelasnya

Selanjutnya sampah ini juga memicu tingginya angka stunting di Jawa Tengah, ternyata hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat.

Ia mengajak mulai dari Kades hingga masyarakatnya khususnya di Desa Karangmangu yang sering mengalami bencana banjir. ( Ki Dwi / Mifta )