Forum UMKM Bekali Siswa SMK NU Lasem Jiwa Wirausaha

oleh -

LASEM – cbfmrembang.com, Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Rembang menggelar pelatihan kewirausahaan di SMK NU Lasem, Selasa (12/11). Kegiatan tersebut digelar dengan tujuan memberikan motivasi kepada siswa khususnya kelas XII agar tertarik menjadi wirausaha jika tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru di Kabupaten Rembang.

Wakil Ketua Forum UMKM Rembang Umi Salamah saat dihubungi disela-sela kegiatan mengatakan selain memberikan pengetahuan tentang dunia wirausaha, para peserta juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola manajemen dan target pemasarannya.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

Dalam pelatihan tersebut juga menghadirkan narasumber dari alumni SMK NU Lasem yang telah sukses berkecimpung di dunia wirausaha. Sehingga dengan begitu para siswa bisa lebih semangat dalam mengasah kemampuan mereka dalam berwirausaha dan bersaing untuk menghasilkan produk-produk unggulan asal Rembang.

“Anak-anak SMK jika kedepannya tidak kuliah itu bisa punya pandangan apakah ingin bekarja atau berwirausaha. Pelatihan yang diberikan tentang kewirausahaan, managemen pemasaran dan berbagai macam tentang UMKM,” terangnya.

Umi menambahkan mentalitas siswa perlu ditingkatkan dalam berbisnis apalagi sekarang sudah jamannya bisnis online dan semua bisa diakses dengan mudah melalui internet. Dengan begitu para siswa bisa lebih mudah dalam memasarkan usahanya melalui media sosial maupun situs jual beli dan tentunya modal pemasarannya tidak terlalu besar cukup melalui handphone yang dimilikinya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK NU Lasem Arif Dimyati mengatakan antusias para siswa dalam mengikuti pelatihan wirausaha sangat luar biasa. Pihaknya memberikan apresiasi kepada forum UMKM Rembang yang telah menggelar kegiatan pelatihan kewirausahaan di SMK NU Lasem.

Dengan banyaknya jumlah siswa yang mengikuti pelatihan tersebut, terpaksa siswa dibagi menjadi dua kelompok sehingga kegiatan berlangsung selama dua hari.

“Kemarin siswa diberi pelatihan cara mengelola dan memasarkan produk. Termasuk kemarin juga ada murid kami sudah membuat produk ceriping mengkudu, tinggal nanti praktik pemasarannya akan dibantu oleh forum UMKM,” terang Arif.

Secara terpisah, Dewan Penasehat Forum UMKM Rembang Tyo mengatakan, pelatihan wirausaha yang diadakan Forum UMKM Rembang telah diselenggarakan dibeberapa sekolah seperti SMK Muhamadiyah Pamotan, SMK Cendekia, SMK Umar Fatah, SMA 1 Kragan dan SMK N 2 Rembang.

Kedepan sasarannya tidak hanya sekolah namun juga ke Desa-desa dan para penerima program PKH dengan tujuan mengenalkan dan mengajak serta memotivasi untuk berwirausaha.

Tyo menambahkan, ilmu wirausaha diberikan secara gratis dan bagi warga yang berminat untuk berkecimpung didunia bisnis bisa langsung mengirimkan surat ke Sekretariat Forum UMKM yang beralamatkan di jalan Gajah Mada no 182 Rembang untuk diadakan pelatihan wirausaha. ( Rendi / Mifta )