Eksplor Tempat Wisata, Desa Tritunggal Gelar Seafood Party

oleh -
Suasana saat Bupati Rembang dan Wakil Bupati berada ditengah-tengah acara seafood party di pantai nyamplung di Desa Tritunggal Kecamatan Rembang

REMBANG – cbfmrembang.com, Ada sejuta macam cara untuk mengembangkan potensi wisata. Salah satunya dengan menggelar open promo tempat wisata. Seperti yang diakukan oleh pemerintah Desa Tritunggal Kecamatan Rembang kota.

Dalam rangka mengembangkan potensi wisata, selama dua hari desa ini mengadakan sebuah acara pameran makanan dengan bahan baku ikan, yang bertajuk seafood party. Grand Launching cara tersebut dihelat pada hari Sabtu 30 Maret, dan Minggu 31 Maret 2019.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

Acara tersebut juga mengundang simpati sejumlah pihak, termasuk jajaran pejabat, termasuk Bupati Rembang H Abdul Hafidz, dan Wakil Bupati H Bayu Andriyanto ikut hadir dalam acara tersebut. Keduanya didampingi sang istri, Hj Hasiroh Hafidz, serta Vivit Bayu Andriyanto.

Menurut Kepala Desa setempat Juhri mengaku, acara tersebut memang sengaja digelar untuk mengenalkan wisata pantai Nyamplung indah, dengan menikmati makanan berbahan baku ikan yang disantap ditepi pantai.
Ada sejumlah menu makanan hasil olahan warga setempat yang diunggulkan. Diantaranya, Rajungan Asam Manis, Cumi Pedas Kelo Mrico, Mangut Manja, dan urap latoh yang menjadi makanan khas pantai.

“Kegiatan intinya menikmati hidangan makanan berbahan baku seafood ditepi pantai. Rajungan Asam Manis, Cumi Pedas Kelo Mrico, Mangut Manja, dan urap latoh khas pantai. Memang ada beberapa progress gerakan kami termasuk salah satu diantaranya kita kepengen potensi yang ada di masyarakat kita tampilkan. Termasuk keterampilajn olehan hasil laut. Termasuk juga mengenalkan wisata nyamplung indah. Untuk launching dua hari sejak hari Sabtu 30 Maret 2019, dan Minggu 31 Maret 2019,” jelasnya.

Juhri menambahkan, untuk sementara grand launching sebagai bentuk pemberdayaan dari bawah, dalam open seremoni, pemerintah desa melibatkan masing-masing RT untuk menampilkan menu olahan ikan. Ada 7 RT yang terlibat selama dua hari kemarin.

Ada sekitar 10 menu yang ditampilkan dalam Sea Food Party. Setiap menu disediakan 70 porsi. Rencananya kegiatan tersebut akan terus dilanjutkan setiap minggu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rembang mengaku sangat mendukung acara tersebut. Ia berjanji Pemkab akan membantu memberikan bantuan fasilitas berupa pembangunan jalan. Karena selama ini akses jalan menuju ke area pantai masih melintasi perkampungan warga.

Menurut Abdul Hafidz, jika diibaratkan pantai nyamplung seperti pantai jimbaran yang ada di Bali. Jika konsisten hal tersebut nantinya akan semakin menarik perhatian para wisatawan. Mengingat konsep makan Sea Food ditepi pantai belum banyak dijumpai di Jawa Tengah. (Asmui/Mifta)