Diskominfo Gelar Sosialisasi Penggunaan Internet Secara Sehat

oleh -172 views

REMBANG – Mengingat penggunaan Internet yang sudah bukan lagi konsumsi orang dewasa saja, tetapi pemakaiannya sekarang sudah melampaui batas level umur, hingga anak SD, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskomimfo) Kabupaten Rembang kembali menggelar sosialisasi penggunaan internet secara sehat dan aman sejak dini melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat selasa pagi (23/4/2019) di Aula Audiovisual komplek museum RA Kartini.

Sosialisasi ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang dapat memahami dan merespon secara cerdas dan aman dalam pemanfaatan internet terutama dikalangan pelajar. Sosialisasi sendiri dihadiri puluhan anggota Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja berbasis sekolah dan Kader PKK.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Ir. Wartono mengatakan dalam menggunakan internet harus pandai dalam memilih informasi, karena selain mempunyai dampak positif sebagai bahan edukasi, internet juga memiliki dampak negatif. Oleh karena itu diperlukan kontrol ketat dari para orang tua maupun juga para penyedia jasa pelayanan Internet agar mampu mengkondisikan anak-anak dibawah umur untuk dapat menggunakan internet sesuai dengan kebutuhannya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Rembang Hj. Hasiroh Hafidz mengatakan bahwa sosialisasi ini dirasa sangat penting karena dengan internet ini semua orang bisa mengetahui banyak hal yang bisa menambah edukasi. Namun masyarakat harus pandai memilah dan memilih konten internet.

“Hal ini sangat penting sekali karena kalau tidak diberi sosialisasi maka anak-anak dan ibu-ibu PKK tidak akan begitu tau kebenarannya kemanfaatannya dan kebarokahannya. Lha kalau tidak tau kan sama ngawur dalam penggunaannya. sehingga nanti dengan adanya kegiatan ini banyak narasumber nanti anak-anakku semuanya dan ibu-ibu PKK bisa memanfaatkan internet ini sebaik mungkin.”

Dalam kegiatan ini Diskominfo menghadirkan dua Narasumber yaitu dari Aktivis Perlindungan Anak dengan materi Internet Sehat bagi Anak Bangsa, dan dari Polres Rembang dengan materi Hukum Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. ( Ki / Mifta )