Dintanpan Sosialisasikan Penanggulangan Penyakit Hewan Menular Pada Unggas

oleh -122 views

REMBANG – cbfmrembang.com, Sebagai upaya pencegahan adanya penyakit hewan yang menular, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DINTANPAN) menggelar sosialisasi Penanggulangan Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) pada Unggas di aula Dintanpan Senin (22/4/2019).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Suratmin mengatakan dengan digelarnya sosialisasi ini diharapkan selain ilmu penanggulangan penyakit hewan menular juga dapat melahirkan peternak telur di Kabupaten Rembang, sehingga dapat membantu program pemerintah bantuan non tunai yang sampai saat ini masih melakukan pembelian dari luar kota.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Ketua TP PKK Kabupaten Rembang Hj. Hasiroh Hafidz dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan ini menghimbau kepada peserta agar memanfaatkan kesempatan baik itu. Ia juga memotivasi peserta untuk memelihara unggas dengan baik, sehingga dapat melahirkan peternak telur ayam dan juga daging ayamnya bisa dijual untuk tambahan ekonomi keluarga.

“Karena kemarin Bapak dari Dinas Pertanian pernah memberikan bibit pada orang-orang yang desa merah, Ibu-ibu miskin diberi bantuan 10 ayam 10 bebek lho, entah kabarnya bagaimana belum tau sekarang masih apa engga, itu juga untuk apa Ibu-ibu, untuk Ibu-ibu rumah tangga yang kurang mampu sehingga apabila dia memelihara itu kan minimal sekali itu telurnya dagingnya bisa untuk keluarga tapi lebih besarnya lagi bisa dijual untuk penambahan ekonomi rumah tangga. ”

Selain memberi makanan bergizi pada keluarga, Kegiatan itu juga merupakan bentuk dukungan terhadap Program Pemkab Rembang dalam menurunkan angka kemiskinan.

Dalam kegiatan ini ada empat materi yang disampaikan, diantaranya Kebijakan Pembangunan Bidang Peternakan , Manajemen Peternakan Unggas Buras (Back Yard) , Manajemen Unggas Komersil secara Close House dan Penanganan Penyakit Menular pada Unggas.

Kegiatan dihadiri oleh 60 peserta diantaranya 2 Kader dari TP PKK Kabupaten, 28 Kader TP PKK Kecamatan se-Kabupaten dan 30 Peternak yang ada di Kabupaten Rembang. (Ki/Mifta)