Dinas Perpustakaan dan Arsip Rembang ajak pengelola Perpustakaan Desa dan Sekolah Jelajah Literasi

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Dalam rangka meningkatkan standar layanan perpustakaan serta meningkatkan indeks minat baca di Kabupaten Rembang, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Rembang menggelar jelajah literasi, Rabu (27/11/2019) . Kegiatan yang menyasar perpustakaan nasional (Perpusnas) di Jakarta itu menggandeng pengelola perpustakaan kecamatan, pengelola perpustakaan desa dan pengelola perpustakaan sekolah dari 14 kecamatan.

Sekretaris Dinarpus Kabupaten Rembang, Winaryu Kutsiyah disela-sela kegiatan mengatakan dilakukannya jelajah literasi agar pengelola perpustakaan dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari perpusnas sehingga perpustakaan yang dikelolanya dapat berkembang dengan baik.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

“Tujuannya agar mereka lebih mencintai dan mengembangkan perpustakaan yang ada di tempat mereka masing-masing. Harapan kami setelah melihat perpustakaan nasional dari penataan buku supaya menarik dan lain sebagainya bisa ditindaklanjuti di tempat mereka masing-masing,” imbuhnya.
Winaryu menjelaskan kegiatan jelajah literasi merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yaitu jelajah literasi ke sekolah- sekolah dan desa di 14 kecamatan.

Ia mengharapkan melalui jelajah literasi ini ke depan di kantor kecamatan ada perpustakaannya, sehingga ketika pemohon administrasi kependudukan antri di loket bisa membaca buku yang ada sehingga bertambah pengetahuannya.

Di gedung dengan 24 lantai dan menjadi perpustakaan tertinggi di dunia itu, peserta jelajah Literasi juga membuat kartu keanggotaan Perpusnas yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses e-pusnas. (Masudi /Mifta)