Diduga Konstruksi Kurang Kuat, Kubah Masjid Runtuh

oleh -

SEDAN – cbfmrembang.com, Kubah Masjid Jami Baitul Ma’mur di Desa Karangasem, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang runtuh secara tiba-tiba pada Selasa siang (3/12/2019) sekitar pukul 10.30 waktu setempat.

Kubah masjid yang ambrol merupakan bangunan atap yang terbuat dari cor, dengan bagian atapnya terbuat dari kayu jati.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

Bangunan yang runtuh menimbulkan suara mengejutkan bagi warga sekitar masjid. Karena, bangunan tersebut merupakan bangunan yang baru dibangun secara bertahap dua tahun yang lalu.

Kapolsek Sedan Iptu Rohmad ketika dikonfirmasi membenarkan kabar tersebut. Ia menegaskan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini. Karena, saat runtuhnya kubah, belum ada jamaah salat zduhur yang datang ke masjid.

“Ini belum dimulai salat dhuhurnya. Karena baru pukul 11.30 WIB. Itu masjid termasuk bangunan baru. Karena begini, biasakan, masyarakat desa kalau bangun masjid itu kalau ada uang dibangun tidak nyewa pemborong. Ini bangunan baru selesai di cat,”kata Kapolsek Sedan.

Diperkirakan, kerugian akibat runtuhnya atap utama masjid yang berbentuk limasan di taksir sekitar mancapai Rp 250 juta. Dulunya bangunan tersebut dibangun secara swadaya masyarakat.

Petugas kepolisian yang tiba dilokasi langsung memasang police line untuk menyelidiki penyebab runtuhnya bangunan utama masjid tersebut.

Jajaran forkopimcam Kecamatan Sedan, dalam hal ini Kapolsek, Danramil, Camat setempat langsung datang kelokasi kejadian untuk melihat secara langsung kondisi bangunan yang runtuh.

Dugaan sementara runtuhnya bangunan karena balok cor sebagai penyangga atap limasan /kubah masjid tidak kuat menahan beban. (Asmui/Mifta)