BKAD Sumber Bagikan 1500 Paket Sembako

oleh -

SUMBER – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kecamatan Sumber, hari Selasa (12/5), membagikan ribuan paket sembako. Sembako yang diberikan kepada 1.500 penerima itu berisi 4 kilogram beras, 1 kilogram gula, 1 liter minyak goreng, 6 bungkus mie instan, 1 pack roti biskuit dan 1 pack teh.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengapresiasi bantuan sosial yang diberikan BKAD Sumber begitu banyak. Selain itu pengelolaan dana eks PNPM juga dinilai sangat baik.

“Kula matur nuwun sanget dateng BKAD dan UPK yang selama ini sangat baik di dalam mengoperasikan dana eks PNPM, utamane Kecamatan Sumber. Kecamatan Sumber niki top tenan. Niki surplus sampe 1,5 milyar. Niki merga napa? Merga kerjasama yang dibangun antara BKAD, UPK dan masyarakat ini sudah bagus sekali. Meskipun ada kekurangan pasti ada, imbuhnya.

Bupati berharap bantuan bukan hanya bagi warga miskin saja. Namun ditingkatkan dengan memberi toleransi cicilan pada peminjam yang terkena dampak Covid-19. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang telah menggratiskan retribusi pasar dan retribusi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) selama 3 bulan. Demi meringankan warga yang terkena dampak Covid-19.

Sementara itu, Camat Sumber, Kamdani mengungkapkan surplus atau laba bersih di tahun 2019 senilai Rp.1,2 milyar rupiah lebih digunakan 40 persen untuk pemupukan modal, 20 persen untuk dana sosial bagi Rumah Tangga Miskin (RTM), 27 persen untuk pengembangan kelembagaan, 10 persen untuk deviden BKD dan sisanya untuk reward kelembagaan.

Dna sosial sendiri dibagi 3 kegiatan yaitu pembagian sembako bagi RTM senilai 151 juta rupiah lebih, bencana alam senilai 27 juta rupiah lebih serta qurban dan santunan anak yatim senilai 96 juta rupiah lebih.(Masudi/Mifta)