Belasan Anak Ular Kobra Masuk Rumah Warga

oleh -

SULANG – cbfmrembang.com, Pihak pemadam kebakaran Kabupaten Rembang mendapatkan laporan warga terkait keberadaan anakan ular kobra di dalam rumah warga di Desa Pedak, Kecamatan Sulang, Minggu (13/01/2020) kemarin.

Satu ekor anak ular kobra berhasil diamankan petugas pemadam kebakaran dalam keadaan hidup. Sementara ular tersebut masih disimpan di pos Damkar Rembang.

Salah seorang anggota Pemadam Kebakaran Satpol PP Rembang Sarpani mengatakan, dari sebelar ular kobra yang muncul, 10 diantaranya terpaksa dibunuh dan dibakar oleh warga, lantaran dianggap membahayakan penduduk setempat.

Sedangkan satu ekor lainnya ditangkap dimasukkan kedalam botol oleh untuk memastikan ular tersebut benar-benar anakan ular kobra.

“Yang kita amankan satu kemarin itu, kita masukan kedalam botol, kita ingoni di kantor Damkar. Kami berharap kepada warga agar melapaor apabila ada ular atau binatang berbahaya,” jelasnya.

Menurut salah seorang warga setempat mengatakan, anakan ular yang dikenal dengan bisa mematikan itu muncul dua hari belakangan ini. Rata-rata ular muncul di dalam rumah yang lokasinya tidak bersih, atau terdapat banyak tumpukan barang bekas seperti kayu yang tidak terpakai.

“Yang di dalam rumah saya itu, di belakang dekat tumpukan kayu, sama di depan dekat tumpukan batu. Kalau ukuran anak ular kobra ini kira-kira panjangnya 25 centi meter dan besarnya sejempol orang dewasa. Yang terbaru ular masuk kandang ayam, “ kata Anto.

Kata sejumlah pakar, akhir tahun 2019 kemarin merupakan masa telur ular kobra menetas. Biasanya, diawali musim kemarau panjang, disusul curah hujan meningkat. sehingga menjadi waktu yang tepat menetas sempurna. Sekali bertelur, kobra betina mampu menghasilkan hingga 20 butir telur. ( Asmui/Mifta )