Akhlak dan Ilmu Kunci Sukses Manusia di dunia dan Akhirat

oleh -

REMBANG- Ada dua hal yang akan mengantarkan manusia menjadi orang yang sukses. Yang pertama ilmu dan yang kedua akhlak.

Hal itu disampaikan Bupati Rembang, H. Abdul Hafids di hadapan ratusan siswa SMPN 1 Rembang saat peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di halaman sekolah setempat, Selasa (19/11/2019).

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

“Ada dua kunci jika ingin orang sukses di dunia dan di akhirat. Tanpa Ilmu dan Akhlak ini kita tidak bisa, “ tuturnya.

Bupati mengatakan Ilmulah yang akan mengangkat derajat manusia. Namun ketika bicara ilmu harus disertai niat baik, ada guru bukan semata- mata ilmu dari internet.

Sedangkan akhlak ini juga tak kalah penting. Seperti kisah Nabi Sulaiman yang berjuang ratusan tahun tapi masih saja tidak memiliki pengikut. Oleh karena itu Nabi Sulaimanpun mengambil jalan untuk menikahi 100 wanita, dengan harapan memiliki banyak anak dan ikut berjuang bersamanya, namun karena Nabi Sulaiman meninggalkan kalimat InsyaAllah didalam usahanya, maka hanya satu istrinya yang memiliki anak dan anaknya pun tidak berani berjuang sesuai apa yang diharapkan Nabi Sulaiman.

Contoh lainnya bagaimana Bilal seorang budak yang memiliki iman kuat tak meninggalkan Nabi Muhammad meskipun diiming- imingi harta dan kemudian disiksa oleh majikannya kafir Quraish. (Rendi / Mifta)