40 Kapal Nelayan Rembang Akan Berangkat ke Natuna

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Berdasarkan data dari Asosiasi Nelayan Dampo Awang Bangkit diperkirakan akan ada 40 kapal berukuran diatas 80 GT akan berangkat melaut ke Natuna untuk mengisi kekosongan wilayah agar tidak dimasuki oleh nelayan asing untuk melakukan ilegal fishing.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Asosiasi Nelayan Dampo Awang Bangkit Suyoto kepada Radio CBFM beberapa waktu yang lalu.

Detik -detik Kecelakaan Mobil di Pantura Kaliori Rembang, Mobil Hancur

Suyoto menambahkan, dengan jumlah kapal tersebut, dipirkirakan akan ada 800 orang ABK yang akan berangkat ke Pulau Natuna.

Namun keberangkatan para nelayan dari wilayah Pantura masih menunggu kesepakatan dari pemerintah dengan para nelayan.

“Kami masih menunggu pertemuan lanjutan dengan pemerintah, soal keberangkatan,” katanya.

Suyoto mengaku, mewakili asosiasi, ia sudah melakukan pertemuan dengan Kementerian terkait sebanyak satu kali. Namun sudah ada pertemuan lanjutan pada 13 Januari kemarin.

“Tanggal 13 Januari ada pertemuan lanjutan dengan Kementerian terkait,” beber Suyoto.

Pertemuan pemerintah dengan para nelayan ialah membahas soal apa yang menjadi harapan para nelayan. Diantaranya, subsidi BBM bagi bahan bakar kapal, dan jaminan keamanan dari aparat dari gangguan nelayan asing. Selain itu yang lebih penting ialah, nelayan lokal mau menerima kedatangan nelayan luar daerah. ( Asmui / Mifta )