Warga Desa Woro Dilatih Olah Sukun Jadi Kuliner Lezat

oleh
Suasana saat puluhan ibu rumah tangga dilatih untuk keterampilan

KRAGAN – cbfmrembang.com, Warga Desa Woro Kecamatan Kragan mendapatkan pelatihan pengolahan buah Sukun oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah. Pelatihan berlangsung selama 20 hari dan telah dimulai sejak 5 Maret kemarin.

Camat Kragan Prapto Raharjo menceritakan saat rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan yang dihadiri Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, dirinya mencoba mengusulkan kepada Disnakertrans agar Desa Woro yang merupakan kategori Desa Merah atau miskin ini mendapat pelatihan untuk mengolah hasil perkebunan yang cukup melimpah. Dan akhirnya Disnakertrans memberi respon positif dan akhirnya langsung ditindaklanjuti.

16 warga yang berasal dari kalangan PKK dan Karang Taruna desa setempat diajari bagaimana mengolah sukun menjadi kripik, stik dan nastar.

“Selama ini warga menjual sukun dalam bentuk buah langsung. Dan hal itu kurang menguntungkan , terlebih saat musim sukun, dipastikan harga turun.”

Kemasan yang dibuat juga cukup menarik dengan brand kanca woro. Ke depannya produk olahan sukun bisa saja menjadi oleh- oleh khas dari Rembang.

Selain sukun, Woro juga memiliki potensi yang bisa saja diolah menjadi berbagai macam produk olahan. Diantaranya buah duku dan nangka.(Ita/Mifta)