Warga Blokade Jalan, Lalu Lintas Macet

oleh
Perangkat bersama Warga Blokade Jalan, Lalu Lintas Macet

SALE – cbfmremban.com, Puluhan warga dan Pemerintah Desa Gading Kecamatan Sale menggelar aksi Kamis Pagi (08/11/2018) dengan cara melakukan blokade jalan antara Desa Sale Tahunan sekitar pukul 07.30 WIB. Mereka melarang truk pengangkut batu dari berbagai perusahaan tambang melintas.

Akibat aksi tersebut ratusan truk pembawa matreal tambang berupa batu putih menumpuk tertahan dan tidak dapat berjalan. Kendaraan tambang yang rata-rata terdiri dari Dump Truck itu menumpuk dibahu jalan.

Kepala Desa Gadeng Kecamatan Sale Sugeng mengungkapkan, aksi tersebut sebagai buntut kekesalan warga, kepada beberapa perusahaan yang belum pernah memberikan perhatian kepada desa. Desa Gading belum sekalipun menerima dana CSR dari perusahaan PT ICCI dan PT Omya Indonesia. Menurutnya, kedua perusahaan tersebut belum memberikan CSR kepada Desa Gading.

“Sasaran aksi ini adalah PT ICCI dan PT Omya Indonesia. Kedua perusahaan itu belum memberikan dana CSR kepada desa,” kata Sugeng wartawan.

Menurut Sugeng, desa menuntut kedua perusahaan itu dapat memenuhi tuntutan warga. Tuntutan warga adalah, pihak perusahaan memberikan order pengiriman material tambang ke pemerintah desa.

“Dampak keberadaan perusahaan ke masyarakat Gading banyak, salah satunya debu,” tandasnya.

Setelah dilakukan pertemuan antara perwakilan dua perusahaan yakni PT ICCI dan PT Omya Indonesia, dengan perwakilan desa dalam hal ini yang diwakili oleh Kepala Desa Gading menghasilkan kesepakatan yang tertuang dalam sebuah surat pernyataan bermeterai.

Dalam kesepakatan tersebut, kedua belah pihak menyepakati jika tuntutan warga, akan dijawab pada hari Senin tanggal 12 November 2018. Setelah terjadi kesepakatan, blokade jalan akhirnya dibuka pada pukul 10.00 waktu setempat. ( Asmui / Mifta )