TKSK dan PKK Tingkatkan Kapasitas Pendampingan Penyandang Disabilitas

oleh

REMBANG-cbfmrembang.com, Agar penyandang disabilitas terpenuhi hak, kewajiban, dan tanggungjawab yang sama dimata hukum, Dinas Sosial Pemberdayaaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Rembang bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten, menggelar pelatihan peningkatan pemahaman pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), di aula PKK Kabupaten , Kamis (7/2/2019).

Turut hadir dalam pelatihan tersebut adalah 1 orang perwakilan dari setiap TP PKK Kecamatan, 1 orang delegasi dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) se-Kabupaten Rembang. Selain itu 8 orang juga turut hadir dari Forum Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia.

Hj. Hasiroh Hafidz selaku Ketua PKK Kabupaten Rembang mengharapkan adanya pelatihan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik . Setelah pelatihan antara TP PKK dengan TKSK bisa berkerja sama dalam mendata ABK / penyandang disabilitas sehingga apabila ada program-program dari pemerintah sudah siap.

“Setelah pelatihan ini Tim Penggerak PKK dengan TKSK bisa kenal bisa sinkron dalam kerja, sehingga apabila ada ABK didaerah masing-masing seandainya TP PKK ada kebutuhan, TP PKK pokja 1 sudah siap, TKSK sudah siap. Sudah tau kondisi disana, sudah tau berapa jumlahnya. Jadi kebutuhan untuk ABK dan Disabilitas sudah bisa dikenali, sehingga apabila ada program-program dari pemerintah bisa klop bisa pas”.

Sementara itu Didi Prasetyo dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah selaku narasumber menuturkan, bahwa pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas merupakan tanggung jawab bersama, baik Pemerintah Pusat hingga daerah dengan melibatkan banyak pihak. Dengan peran banyak pihak, hak – hak bagi penyandang disabilitas akan lebih mudah terpenuhi. (KiD /Mifta)