Tingkatkan Zakat PNS, Bupati Rembang Wacanakan Perda

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Bupati Rembang H Abdul Hafidz mewacakan pembuatan Peraturan Daerah (Perda) untuk zakat gaji para pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah setempat. Menurutnya belum adanya Perda yang membuat belum semua PNS mengeluarkan sebagian gajinya untuk zakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati saat penyaluran zakat yang digelar oleh Badan Amil Zakat dan Infaq Nasional (Baznas) Rembang di masjid Agung Kamis kemarin.

ARAK-ARAKAN JALUR PANTURA REMBANG DIALIHKAN

Meski pendapatan zakat dari gaji PNS sudah mengalami kenaikan yang sangat signifikan, namun dirasa penting penggalian zakat lebih maksimal. Jika dari pegawai negeri sipil di Rembang mau mengeluarkan zakat pendapatan maka dapat membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

Zakat yang dihasilkan dari gaji PNS yang semula Rp 90 juta perbulan, tahun ini sudah meningkat menjadi Rp 200 juta perbulan. Meski demikian jumlah tersebut perlu ditingkat sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat miskin.

“Wah saya sangat tertarik dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Kementerian Agama Rembang yang sudah menyisihkan semua gaji pegawainya untuk zakat. Kami akan membuatkan Perda untuk zakat PNS yang sudah ada satu nisab akan diambil zakatnya,” kata Bupati.

Setelah Perda tersebut dibuat, 7000 lebih pegawai negeri sipil yang gajinya sudah memenuhi syarat zakat akan diambil 2,5 persen untuk diserahkan kepada Baznas sebagai zakat agar diteruskan kepada calon penerima. ( Asmui / Mifta )