Tingkat Partisipasi Pilgub Jateng Di Rembang Dibawah 70 Persen

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018 di Kabupaten Rembang hampir pasti meleset, dari target yang ditentukan. Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Rembang mematok target 77,5 persen.

Berdasarkan penghitungan sementara, tingkat partisipasi pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018, diperkirakan hanya tercapai antara 64 sampai 65 persen saja. Soal partisipasi secara pasti baru dapat diketahui pada tanggal 4 Juli 2018.

Namun jika dibandingkan dengan Pilgub 2013, justru naik 13 persen, karena angka partisipasi pemilih pada Pilgub lima tahun yang lalu di Kabupaten Rembang, 52 persen saja.

Kasubbag Teknis dan Hubungan Masyarakat Andrean Harsono mengatakan, penghitungan surat suara yang dilakukan jajaran KPU Rembang, baru selesai direkap pada Kamis pagi sekitar pukul 02.30 WIB.

“Iya mas, sudah selesai untuk rekap data surat suara yang dilakukan oleh KPU Rembang. Selesainya tadi malam sekitar pukul 02.30 WIB. Untuk partisipasi pemilu kalih ini capaiannya hanya 64 sampai 65 persen mas,” jelasnya.

Setelah rekapitulasi di tingkat PPK, KPU akan melakukan sinkronisasi hasil pemungutan suara Pilgub dari tingkat kecamatan pada 28 Juni sampai 3 Juli 2018.

“Tanggal 4 Juli-nya, digelar rekapitulasi di tingkat kabupaten,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan hitung cepat atas hasil pemungutan suara Pilgub Jateng 2018, sebagaimana dilansir oleh media dan sejumlah lembaga survei, pasangan Ganjar-Yasin unggul atas Sudirman-Ida.

Di Kabupaten Rembang, berdasarkan pantauan di sejumlah TPS, Pilgub mengetengahkan hasil yang sama, menang Ganjar-Yasin. Namun pasangan ini, gagal menang di seluruh TPS. ( ASMUI / MIFTA )