Tari Maju Mundur Syantik Meriahkan Pembinaan PKK di Sumber

oleh

SUMBER-cbfmrembang.com, Tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), hari selasa (5/3), mendapat pembinaan 10 program pokok PKK dari Kabupaten, kegiatan yang diselenggarakan di Pendapa Kecamatan diisi hiburan Tari Maju Mundur Syantik dan Tari Samba.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sumber, Suwarti Kamdani mengatakan ditampilkannya hiburan tari untuk melatih keberanian dan mental anak. Kedua tarian tersebut ditampilkan oleh anak- anak TK desa Sumber yang merupakan binaan Pokja 2 tim penggerak PKK Kecamatan Sumber

Ia menjelaskan tim penggerak PKK Kecamatan Sumber, berjalan dengan baik karena berpedoman pada hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke VIII tahun 2015 dan arahan-arahan dari Ketua Tim Penggerak Kabupaten Rembang.

Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan oleh tim penggerak PKK Kecamatan Sumber yaitu melaksanakan rapat koordinasi sekaligus pembinaan dengan tim penggerak PKK desa dilaksanakan rutin setiap bulan. Mereka juga melakukan pendataan Anak berkebutuhan khusus.

“Kami juga melakukan pendataan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) ke desa-desa di wilayah Kecamatan Sumber, mengadakan pembentukan atau merintis dan pengembangan UP2K PKK di beberapa desa. Yang sudah terlaksana di Desa Jadi, Kedungasem dan Desa Krikilan, desa lainnya menyusul, “ tuturnya.

Sementara itu koordinator tim penggerak PKK Kabupaten Rembang, Shodiq menerangkan pembinaan 10 program pokok PKK tahun 2019 kali ini pada kelompok kerja (Pokja) 1 harus melakukan pendataan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) / difabel, Pokja 2 melakukan pendataan pelaku industri rumahan, pokja 3 melakukan pengelolaan bank sampah dan pokja 4 memiliki kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik).

Dalam pembinaan 10 program pokok PKK tim juga menggelar lomba dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK tingkat kabupaten berupa lomba tertib administrasi PKK, lomba pola asuh anak, cinta kasih dan sayang dalam keluarga, lomba kelompok UP2 PKK, lomba hatinya PKK dan pelaksanaan IVA tes.(Masudi / Mifta)