Tak Hanya Menghibur, Ternyata PAS DENDANG Selipkan Misi Sosial

oleh

REMBANG-cbfmrembang.com Paguyuban Seniman Dan Pekerja Dangdut Rembang (Pas Dendang) memiliki kegiatan rutin yang unik dan patut dicontoh. Mereka menggelar konser amal di sejumlah tempat-tempat wisata.

Ketua PASDENDANG Kabupaten Rembang, Edi Mulyono mengatakan konser amal ini untuk menggalang dana sosial yang nantinya bisa digunakan untuk membantu anggota atau warga pada umumnya yang terkena musibah atau sakit. Selain itu konser tersebut bisa memberi efek positif atau menguntungkan bagi tempat wisata karena adanya tambahan hiburan musik.

Terkait perlengkapan konser seperti panggung dan sound dibayar sebatas transport tidak harga sewa normal. Pasalnya PAS DENDANG tidak hanya beranggotakan musisi saja, tetapi juga pengusaha yang bersangkutan dengan musik dangdut itu sendiri, seperti penyedia jasa sewa panggung dan penyewaan sound .

Sistem donasi yang didapat, dari bagi hasil tiket masuk di tempat wisata tersebut yang telah dinaikkan dari harga normalnya.Yang sebelumnya mereka telah bekerja sama dengan pengelola wisata.

“Dana nya itu dari bagi hasil tiket masuk, harganya dinaikkan dari harga normal. Sebelumnya kita sudah MoU dengan pengelola. Untuk Panggung dan sound tidak bayar full, sekedar trnasport karena milik anggota sendiri,” ujarnya.

Setidaknya ada lima obyek wisata yang pernah menjadi lokasi konser amal, yakni pantai Caruban Lasem, TRP Kartini, Pantai Jatisari Sluke, Watu Layar Binangun, Pantai Pasir Putih Wates. Dan tanggal 13 Januari rencanannya konser amal digelar di Wana Pemandian Mantingan Bulu. (Mifta/Mifta)