Sukseskan Partisipasi Pilgub Jateng, Dindukcapil Terbitkan Ribuan Suket Kolektif

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang mengeluarkan surat keterangan (Suket) kolektif. Jumlahnya mencapai seribu lima ratusan lembar.

Hal tersebut dilakukan untuk menyukseskan partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018, yang akan dilaksanakan pada 27 Juni mendatang.

Suket kolektif ini dapat digunakan bagi pemilih pemula yang belum memiliki atau melakukan perekaman KTP Elektronik.

Kepala Dindukcapil Rembang Daenuri mengaku Suket kolektif tersebut, saat ini sudah dikirim di hampir seluruh desa di 14 kecamatan.

Jumlah yang dikirikan sesuai data kependudukan. Nantinya, surat keterangan ini, disiapkan ditiap TPS sebagai syarat untuk dapat menggunakan hak suara. Bagi yang membutuhkan dapat menggunakan dengan persyarat dan ketentuan yang berlaku.

“Sudah kita kirimkan ke Desa-desa di 14 kecamatan mas, jumlahnya sesuai dengan nama,”kata Daenuri.

Daenuri berharap tidak ada pihak yang meragukan Suket kolektif ini. Pihaknya mempersilakan dilakukannya pengecekan terhadap pemilih pemula yang diberi Suket.

Sejauh ini, tercatat 4500 orang tadak masuk dalam data kependudukan. Namun, mereka muncul dalam daftar penduduk potensial pemilih Pilgub 2018 di Kabupaten Rembang. Data tersebut akan dihapus, karena tidak dapat diproses.

Diperkirakan keberadaan data ini dimungkinkan mereka sudah pindah keluar Rembang, namun belum melapor ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. ( MASUDI / MIFTA )