Spesial, Ulang Tahun Dekranasda Rembang Dihadiri Komunitas Pecinta Batik Sekar Jagad

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com.-Pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten Rembang, sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya pada pelaksanaan HUT tahun ini yang dilaksanakan di pendapa museum Raden Ayu (RA) Kartini, hari minggu (24/3) dihadiri oleh rombongan komunitas pecinta batik Sekar Jagad dari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta salah satunya Gusti Pangeran Haryo Prabukusuma (adik lain ibu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Hamengkubuwana X).

Ketua Dekranasda Kabupaten Rembang, Hj. Hasiroh Hafidz dalam sambutannya mengatakan ulang tahun ini sangat spesial karena kedatangan tamu rombongan komunitas pecinta batik Sekar Jagad dari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Nuwun sewu, karena ini merupakan kebanggaan dan kami sekaligus mengadakan Hari Ulang Tahun Dekranasda yang ke-39. Sebetulnya, tanggal 3 Maret kemarin. Tapi nuwun sewu karena ada tamu, jadi saya undur pada hari ini juga. Sehingga kami merasa ada hal yang beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun kemarin kita mengadakan ulang tahun sekedar sesama pengrajin, pembatik dan sama anggota Dekranasda.” imbuhnya.

Mereka berbagi ilmu dan pengetahuan tentang batik dan kerajinan lainnya, terlebih mereka memiliki pengetahuan luas tentang batik. Sehingga Ia berharap ada motivasi dan dorongan pembatik di kecamatan Lasem.

Koordinator pecinta batik sekar jagad, Gusti Pangeran Haryo Prabukusuma mengungkapkan kehadirannya ke Rembang memang untuk memotivasi pengurus maupun anggota untuk betul-betul punya komitmen melestarikan batik-batik di seluruh nusantara dan mendorong pembatik supaya bisa bangkit.(Masudi/Mifta)