Serahkan Bantuan Alsintan, Ganjar Sarankan Konsolidasi Lahan

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Menutup agenda kunjungannya ke Rembang , Gubernur Ganjar Pranowo bertemu dengan sejumlah Kelompok Tani di di halaman kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sabtu (30/3/2019). Didampingi Bupati Rembang H.

Abdul Hafidz, Wakil Bupati Rembang H. Bayu Andriyanto dan Sekda Rembang Subakti , Gubenur menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan)diantaranya traktor roda dua 190 unit, kultivator 77 unit dan 31 unit pompa air.

Razia Gabungan Jelang Lebaran, Petugas Temukan Kendaraan 1 Bus Melanggar

Gubernur mengatakan banyak yang mengeluh kepadanya tentang sulitnya mencari buruh tani saat ini. Sehingga modernisasi alat pertanian merupakan salah satu cara agar para pemuda mau menekuni sektor ini.

“Penggunaan mekanisasi alat pertanian ini juga memudahkan dan mengefisienkan pengelolaan lahan pertanian, “ tuturnya.

Terkait semakin berkurangnya lahan pertanian, Ganjar mendorong adanya konsolidasi lahan. Ia berharap dalam satu hamparan milik orang banyak bisa dikelola bersama, komunitas, kelompok Pertanian misalnya.

Ia juga meminta setiap kelompok tani bisa membuat media sosial agar bisa menjadi sarana komunikasi penghubung dengan pemerintah. Selain itu juga bisa lebih cepat dalam mendapatkan informasi terkait pertanian.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rembang, Suratmin ketersediaan traktor di Rembang saat ini 2.212 unit. Sehingga secara teknis Kabupaten Rembang masih kekurangan 442 unit traktor. (Ita/Mifta)