SD Negeri Sidomulyo mendapat visitasi Akreditasi

oleh
Tim akreditasi sedang melakukan akreditasi

KALIORI – cbfmrembang.com, Sekolah Dasar (SD) negeri Sidomulyo, Kecamatan Kaliori, mendapat visitasi akreditasi. Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) itu dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Jum’at (09/11/2018) dan sabtu (10/11/2018).

Ketua tim assesor Trisno mengatakan, akreditasi sekolah untuk menentukan kelayakan program dan, atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal maupun non-formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Selain itu, visitasi sebagai bentuk akuntabilitas publik yang dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen serta kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan.

“Tujuan dari adanya visitasi akreditasi sesuai dengan Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 60 adalah kegiatan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah dan, atau lembaga mandiri yang berwenang untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal maupun non-formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, sebagai bentuk akuntabilitas publik yang dilakukan dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan” Imbuhnya.

Ada 119 ttem yang menjadi obyek penilaian akreditasi. Yang meliputi, standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan standar tenaga kependidikan. Selain itu standar sarana dan prasarana, dan pengelolaan, serta pembiayaan, ditambah standar penilaian pendidikan menjadi kunci penting suksesnya akreditasi.

Selain SD negeri Sidomulyo, tim akreditasi juga mengadakan penilaian di SD negeri 2 Kalitengah Kecamatan Pancur, SD negeri 1 Kalipang Kecamatan Sarang, SD Negeri 1 Kaliombo Kecamatan Sulang dan SD negeri 2 Pandangan Kulon Kecamatan Kragan. ( Masudi / Mifta )