Rumah Sakit Bhina Bakti Husada Rutin Gelar Donor Darah

oleh

REMBANG-cbfmrembang.com, Dengan menggadeng Palang Merah Indonesia (PMI) Rumah Sakit Bhina Bakti Husada menggelar kegiatan donor darah di lantai 1 Rumah Sakit Bhina Bakti Husada pada Senin, (25/2/2019). Kegiatan yang dimulai sejak pertengahan tahun 2018 itu rutin digelar setiap tiga bulan sekali dilokasi yang sama.

Direktur Rumah Sakit Bhina Bakti Husada Dr. Ella Nurlaila mengatakan kegiatan dengan tema donor darah peduli sesama itu bertujuan untuk membantu masyarakat umum yang membutuhkan, terlebih saat penderita Demam Berdarah meningkat. Selain itu juga untuk mensuplai kebutuhan Rumah Sakit saat pasien memerlukan transfusi darah.

Tidak hanya dari pegawai Rumah Sakit Bhina Bhakti Husada saja yang mendonorkan darah, masyarakat umum juga diperbolehkan untuk mendonorkan darah mereka. Ia berujar manfaat donor darah selain untuk kemanusiaan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Darah kita per 120 hari kan akan rusak, daripada terus terbuang percuma kenapa tidak lebih baik didonorkan saja. Toh tubuh nanti menghasilkan lagi darah-darah yang baru, dan ini bagi pasien yang membutuhkan akan sangat berarti,” terangnya.

Dirinya berharap dengan pengumpulan darah ini nantinya bisa bermanfaat bagi warga yang sangat membutuhkan. Melihat saat ini wabah virus demam berdarah banyak menyerang warga Rembang, sehingga transfusi darah sangatlah diperlukan.

Salah satu pendonor yang bukan dari Karyawan RS Bhina Bhakti Husada, Anita Indria, Warga Desa Sumberjo Rembang mengaku baru tiga kali mendonorkan darahnya dan dua kali dilakukan di RS. Bhina Bhakti Husada. Ia memanfaatkan kesempatan kegiatan rutin rumah sakit yang baru dilaunching 2018 lalu itu untuk membantu menyediakan darah golongan AB.

“Saya rutin donor sudah tiga kali ini, ya cukup terbantu disini. Dulu awalnya ada ada yang membutuhkan darah golongan AB, saya coba bantu dan ternyata golongan darah AB ini sering kurang, jadi saya rutin panggilan hati ingin membantu, “ ungkapnya.

Pihak rumah sakit juga menyediakan minuman kolak dan telur bagi mereka yang sudi mendonorkan darah, meskipun sudah ada bingkisan dari PMI sendiri. Setidaknya ada sekitar 80 orang yang mendonorkan darah dalam kesempatan itu, dari pantauan pegawai Samsat Rembang dan anggota Intel Polres yang sedang bertugas juga ikut donor darah. (Rendi/Mifta)