Rembang Masuk Daftar Tuan Rumah Porprov se Pati Raya

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Kabupaten Rembang sangat serius untuk menjadi tuan rumah penyelengaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah (Jateng) XVI pada tahun 2022 mendatang. Hal tersebut dibuktikan dengan dilayangkannya surat permohonan yang dikirim Komite Nasional Olahraga Indonesia Rembang ke KONI Jawa Tengah oleh Kabupaten se Pati Raya.

Sekretaris Koni Rembang Heri Susetyo membenarkan, jika pihaknya sudah menawarkan diri untuk menjadi panitia Porprov se Pati Raya, termasuk Grobogan, Pati, Kudus, Jepara, Blora, dan Rembang.

Untuk Kabupaten Rembang rencananya akan menjadi tuan rumah untuk lima cabang olahraga. Seperti, Catur, Muatay, Wushu, Pencak Silat, dan volly Pantai. Namun, Heri mengaku meminta satu tambahan cabang olahraga lain, yaitu Pinrang. Karena banyak atlet olahraga satu berprestasi di Semarang yang rata-rata asli Kabupaten Rembang.

Rencananya, pembukaan pekan olahraga tingkat Jawa Tengah ini akan diselenggarakan di Kabupaten Kudus, yang pemilik venue yang memenuhi persyaratan untuk pembukaan, dan penutupan acara.

“Persiapan untuk menjadi tuan rumah Porprov tapi tuan rumah Pati Raya termasuk Rembang. Jadi Pati itu mencalonkan diri sebagai tuan rumah Porprov 2022, tapi tuan rumahnya dibagi 6 Kabupaten. Rembang dapat 5 Cabang olahraga. Kemarin kita sudah rapat tiga kali, besok tanggal 30 rapat lagi di Kudus, karena Open seremoninya di sana,” jelasnya.

Lebih lanjut Heri Susetyo mengaku, kelima cabang tersebut sangat memungkinkan untuk digelar di Rembang. Namun demikian, Koni akan bekerjasama dengan pihak pengelola Taman Kartini untuk dapat ditempati sebagai arena perlombaan volly pantai.

Untuk menjadi tuan rumah Porprov, ada lima persyarakat yang harus dipenuhi tuan rumah. Diantaranya, dukungan penuh Kepala Daerah dan DPRD setempat terkait pendanaan, Venue pertandingan siap, Pernah digunakan invent nasional, akomodasi penginapan memadai, dan SDM kepanitiaan yang mendukung.

Sampai menunggu kepastian sebagai penyelenggara 6 cabang olahraga, atlet dimasing-masing Cabang Olahraga yang berada dibawah naungan Koni Rembang sudah mulai mempersiapkan diri, dengan latihan. ( Asmui / Mifta )