Rekapitulasi Hasil Pilgub Tingkat Kabupaten Digelar 5 Juli

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rembang mengaku tidak akan ada gugatan hasil Pilgub Jateng yang digelar 27 Juni 2018 kemarin.

Karena, untuk mendaftarkan gugatan, selisih perolehan suara, ada syarat yang harus terpenuhi. Salah satunya ialah selisih perolehan suara. Bagi daerah berpenduduk 12 juta jiwa, maka untuk mendaftarkan gugatan sengketa pemilu musti perolehan selisihnya harus diatas 0,5 persen.

Ketua Bawaslu Rembang Totok Suparyanto mengatakan, hasil penghitungan untuk Pilgub Jateng, pasangan Ganjar – Yasin dan Sudirman Ida, silisih perolehan suaranya adalah 17 persen. Maka gugatan ke Mahkamah Konstitusi atau (MK) tidak memenuhi persyaratan.

“Untuk Pilgub Jawa Tengah, dengan penduduk 36 juta lebih serta selisih perolehan suara Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida sekitar 17 persen, maka gugatan sengketa hasil pemilihan tidak ada,” ujarnya.

Totok menambahkan, jika hasil rekapitulasi Pemilu pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur JawaTengah, baru akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2018.

Sementara itu, dari pemungutan dan penghitungan suara pada Pilgub kemarin, Panwaslu mengklaim sudah dilaksanakan sesuai dengan perundang-undangan.

Dari hasil evaluasi pelaksanaan Pilgub, hanya ada beberapa catatan, diantaranya ialah ketaatan tim kampanye pasangan calon terhadap aturan main berkampanye.

Salah satunya yaitu, pencopotan alat peraga kampanye, oleh pihak pasangan calon. Namun menjelang masa tenang, penertiban APK di Kabupaten Rembang kemarin, justru dilakukan oleh penyelenggara Pemilu, dan Pemkab yang dilakukan oleh Satpol PP. (ASMUI / MIFTA)