Ratusan Warga Jatihadi Borong Sembako di Halaman Penggilingan Padi

oleh

SUMBER – cbfmrembang.com, Warga Desa Jatihadi, kecamatan Sumber, hari Selasa (14/5), memadati halaman penggilingan padi Dusun Sambong. Kedatangan mereka untuk membeli sejumlah kebutuhan bahan pokok di pasar murah yang diselenggarakan oleh Dinas ketahanan pangan Provinsi Jawa Tengah yang bekerja dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Rembang.

Kasi Harga pangan Kepala Dinas ketahanan pangan provinsi Jawa Tengah, Agus Sudjatono mengatakan dalam kegiatan pasar murah pihaknya menyediakan sembako sebanyak 750 paket yang dijual dibawah harga standart.

Razia Gabungan Jelang Lebaran, Petugas Temukan Kendaraan 1 Bus Melanggar

“Dalam 1 paketnya masing-masing berisi beras 2 kilo, telur 1 kilo dan bawang merah 1/2 kilo. Dalam 1 paket sebenarnya harganya 60 ribu. Masyarakat kita minta nebus 15 ribu. Karena ada subsidi yang disiapkan oleh pemerintah 45 ribu rupiah per paket.”jelasnya.

Agus Sudjatono menambahkan selain itu sejumlah kebutuhan bahan pokok lainnya juga dijual dengan harga murah, seperti produk UMKM dan produk olahan hasil laut.

Sementara itu, ketua tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Rembang, Nyonya Hasiroh Hafidz menuturkan dipilihnya desa Jatihadi sebagai sasaran pasar murah karena termasuk desa merah yang lokasinya jauh dari kota dan berada di pinggiran perbatasan kabupaten Rembang dengan kabupaten Pati.

“Karena letaknya pinggiran antara Pati dan Rembang. Sehingga kalau Pati ada nanti kan kasihan. Ning Pati wae ana kok ning Rembang ora ana. Begitu juga jauh dari kota. Kalau mau beli-beli telur, beli bawang merah, bawang putih kan jauh, Mas. Lagipula disini masuk kategori desa merah, ” Terangnya.

Sedangkan Kepala Desa Jatihadi, Siti Maryam mengungkapkan sebagai wujud syukur atas hasil panen padi dan tembakau yang melimpah, pihaknya mengganti biaya sembako murah yang dibeli masyarakat. Dengan harapan uang 15 ribu yang seharusnya untuk beli sembako bisa digunakan membeli minyak goreng untuk menggoreng telur. (Masudi/Mifta)