Puluhan Pembatik Solo dan Sukoharjo Belajar Batik Tulis Lasem

oleh

LASEM-cbfmrembang.com, Sebanyak 50 pembatik asal Solo dan Sukoharjo Jawa Tengah belajar bagaimana batik tulis Lasem diproduksi. Agenda tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan bimbingan teknis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UKM provinsi jawa tengah yang bekerja sama dengan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) sebagai narasumber sekaligus penguji.

Candra Purnama, Pendamping dari Dinas Koperasi dan UKM provinsi Jawa Tengah mengatakan bimtek sudah dimulai sejak hari Senin (3/12), Rabu dan Kamis ini agenda kunjungan lapangan.

Terkait Lasem sebagai sasaran kunjungan peserta , Candra mengungkapkan ciri khas atau karakter batik tulis di Solo dan Sukoharjo berbeda dengan batik tulis Lasem. Diantaranya tentang corak dan pewarnaan, sehingga mereka bisa menambah ilmu tentang membatik.

“Bisa saja pembatik solo ini mengkolaborasikan antara batik Solo, dengan batik Lasem. Intinya meningkatkan kompetensi pembatik,” jelasnya.

Sementara itu, Idha Hayu Megayati, Kabid Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Rembang menambahkan pembatik dari Solo dan Sukoharjo dibawanya mengunjungi lima produsen batik tulis Lasem, diantaranya Najwa Batik Hamdan Batik dan Santoso Batik Lasem.

“Tentunya mereka akan belajar bagaimana proses pembuatan batik tulis Lasem. Terutama dari segi pewarnaan dan coraknya itukan beda sekali,” tuturnya.

Setelah kunjungan lapangan, mereka akan kembali ke daerahnya masing- masing untuk uji kompetensi membatik pada hari Sabtu (8/12). Jika dinyatakan lulus, mereka akan memiliki sertifikat sebagai legalitas formal secara nasional akan keahliannya membatik. (Ita/Mifta)