Perpus Desa Dasun, Raih Penghargaan Terbaik Tingkat Nasional

oleh

LASEM – cbfmrembang.com, Perpustakaan “Cahaya Ilmu” Desa Dasun Kecamatan Lasem tahun ini meraih penghargaan perpustakaan tingkat desa terbaik tingkat ditingkat nasional, atau Perpuseru Award 2018.

Penghargaan diberikan pada tanggal 05 Juli 2018 di Yogyakarta. Perpustakaan yang berdiri sejak tahun 2013 ini, mengalahkan sekitar 768 perpustakaan se-Indonesia yang bermitra dengan Perpuseru.

Exsan Ali Setyonugroho, salah satu pengurus perpustakaan mengatakan, keberhasilan perpustakaan berhasil menyabet penghargaan tersebut karena ragam kegiatan yang dilakukan oleh para pengelola.

“Menurut saya karena kegiatannya yang beragam dan kebetulan pengelolaan perpustakaan itu oleh komunitas. Jadi perpustakaan dikelola oleh komunitas Dasun Haritage Society yang notabene anggotanya adalah anak-anak muda sekitar SMA, kuliah bahkan SMP pun ada.” Terangnya.

Selain berbagai kegiatan juga diadakan diperpustakaan, yang meliputi pelatihan untuk anak-anak hingga ibu rumah tangga. Pembuatan riset dan film documenter, ronda malam, penanaman pohon, hingga kelas sejarah Lasem juga ada dalam perpustakaan ini.

Kepala Desa Dasun Sujarwo mengaku sangat senang atas kperolehan penghargaan. Hal itu akan menambah semangat untuk untuk lebih maju kedepan.

“ Insyaallah akan kami maksimalkan. Termasuk diantaranya itu pelaku atau pengelola akan kami berikan support meskipun bukan dalam bentuk gaji tapi akan kami anggarkan agar dalam menemani, melayani dan membimbing bisa lebih semangat.” Ungkapnya.

Selain perpustakaan Cahaya Ilmu, perpustakaan lain di Kabupaten Rembang yang memperoleh penghargaan dalam Perpuseru Award 2018 adalah perpustakaan yang dikelola Pemkab Rembang, dan perpustakaan Desa Trembes Kecamatan Gunem. ( Ita / Mifta )