Perpisahan Kelas VI, SD Plawangan Pentaskan Dalang Cilik

oleh

KRAGAN – cbfmrembang.com, Ada yang beda dengan pelepasan siswa – siswi kelas VI SD Negeri 2 Plawangan tahun ini. Selain bersamaan dengan peringatan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), pelepasan siswa kali ini juga diisi dengan aneka hiburan seni. Dan yang lebih spesial, pelepasan 23 siswa yang telah lulus ujian itu juga dihibur dengan seni wayang kulit.

Ditemui di kantornya Kamis (2/5/2019), kepala SD N 2 Plawangan Agus Edi Susanto mengungkapkan, perpisahan siswa kelas VI tahun ini memang lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Razia Gabungan Jelang Lebaran, Petugas Temukan Kendaraan 1 Bus Melanggar

Dalang, sinden, serta penabuh gamelan semuanya terdiri dari siswa – siswi SD setempat. Mereka merupakan generasi pecinta seni yang dimilik Kecamatan Kragan.

“Sejak pagi anak-anak menampilkan kesenian di panggung, baik iti tari-tariam atau musik. Semua kelas ikut tampil,” terang Agus.

Selain itu juga ditampilkam seni wayang kulit. Dalang yang ditampilkan juga siswa di sekolah ini. Dia adalah Muhamad Amin Al Basri, siswa kelas IV. Dalang cilik berjuluk Dalang Soponyono ini membawakan lakon Petruk Dadi Ratu. Selama dua jam lebih, dalang cilik ini menghibur semua tamu undangan.

Lebih lanjut, kepala sekolah yang baru bertugas selama empat bulan di SD N 2 Plawangan ini mengungkapkan bahwa baru kali bisa menampilkan siswanya yang memiliki kelebihan berupa seni pedalangan.

“Dia siswa di sekolah ini, tapi belajar mendalang di sanggat seni milik Ki Ihwan Sudiarto, dalang wayang kulit asal Desa Pandangan Kulon,” tambah Edi. (Asmui / Mifta)