Pendaftaran Lomba Tong-tong Klek di Buka, Tahun Ini Hanya Satu Putaran Tanpa Final

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sudah mulai membuka pendaftaran untuk peserta lomba tong-tong klek yang biasa digelar pada bulan Ramadan. Tahun 2019 ini, tong-tong klek akan digelar pada 1 Juni 2019, dengan rute start di jalan Kartini atau depan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, finish di lapangan kompleks Islamic Center Gedung Haji.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 13 Mei sampai dengan 28 Mei 2019, di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang saat jam kerja.

Razia Gabungan Jelang Lebaran, Petugas Temukan Kendaraan 1 Bus Melanggar

Salah satu panitia Arief Eko Kurniawan mengatakan, tahun ini ada banyak perubahan dalam festival tong-tong klek. Yang membuat berbeda adalah, perlombaan hanya digelar satu putaran tanpa final.

Menurutnya peserta terbaik akan langsung dinobatkan sebagai juara, setelah tampil dalam parade sejak start sampai finish. Sedangkan jumlah kuota peserta tahun lalu hanya 24 peserta, tahun ini tidak ada pembatasan. Khusus peserta luar kota Rembang tahun ini ditiadakan.

Setiap peserta juga diwajibkan menyanyikan lagu-lagu yang bernuansa religi. Setiap grup harus menciptakan lagu sendiri yang dibawakan saat festival berlangsung.

“Kalau bawa electric nanti tidak ada penilaiannya. Nuansa tetep islami kalau dari penyelenggara nanti kalau temu teknik dijelaskan semua. Nanti ada lagu ciptaan sendiri yang harus dibawakan setiap peserta. Tapi laKalau yel-yel partai politik beserta symbol-simbolnya,” jelasnya.

Panitia akan mengambil 6 peserta terbaik. Tiga peserta sebagai juara satu, dua, dan tiga. Tiga peserta lainnya sebagai juara harapan. Jumlah hadiah yang akan diterima masih sama dengan tahun 2018 lalu, yakni sejumlah uang tunai dan piala. ( Asmui / Mifta )