Pemkab Rembang Kerahkan 6513 Satlinmas Pada Pemilu 17 April

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Dalam rangka menjaga ketrentraman masyarakat selama pelaksanaan Pemilu 2019, Pemerintah Kabupaten Rembang menyiapkan 6513 petugas keamanan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Linmas.

Ribuan etugas keamanan tersebut akan ditempatkan di titik strategis selama pelaksanaan Pemilihan Umum calon presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten atau daerah.

Bupati Rembang H Abdul Hafidz menegaskan, seluruh petugas kemanan yang disiapkan untuk bersinergi dengan aparat dalam hal ini TNI-Polri, Penyelenggara Pemilu, dan Bawaslu.

Dari jumlah tersebut, nantinya akan dibagi menjadi beberapa tempat, diantaranya, 50 personil akan disiagakan di tingkat kabupaten, 6 personil di setiap kantor kecamatan, 3 personil di kantor desa, dan 2 personil di masing-masing TPS.

“Jadi harapan pemerintah semua masyarakat yang punya hak pilih untuk berbondong-bondong ke TPS jangan sampai Golput. Apali kalai kita mengacu terhadap keputusan MUI, bahwa Golput itu haram. Maka sangat berkepentingan sekali bagi masyarakat Kabupaten Rembang untuk memilih calon pemimpin baik itu Pilpres, dan Pilleg. Jadi kita koordinasi dengan penyelenggara Pemilu, baik itu KPU maupun Bawaslu. Yang itu kita setiap hari terus koordinasi agar hal yang perlu kita koordinasikan dengan masyarakat semua juga tau. Kami sudah merinci dari kebutuhan pengamanan Pemilu bahwa kami punya pasukan yang terdiri dari Satpol PP dan Linmas yang terdiri dari 6513 yang kita sinergikan dengan aparat terkait. Nanti kita tempatkan, 50 personil di tingkat kabupaten, 6 personil di tingkat kantor kecamatan, 3 personil di tingkat kantor desa, dan 1 personil diluar. Dan setiap TPS ada 2 Sat Linmas,” kata Bupati.

Sementara itu KPU Rembang menyatakan secara umum persiapan Pemilu mendekati rampung. Semua logistic Pemilu seperti surat suara, kotak suara, tinta, dan belangko – belangko lain sudah dilakukan pengepakan, dan dalam waktu dekat akan dilakukan distribusi.

Mengenai kekurangan 500 lembar surat suara, KPU Rembang menyatakan, sudah dikoordinasikan dengan KPU Pusat. Mengenai pemenuhan surat suara yang masih kurang, KPU Pusat menjanjikan akan segera dipenuhi sebelum tanggal 11 April 2019. ( Asmui/Mifta )