Pemkab Ambil Tindakan Darurat Tangani Jalan Longsor di Desa Woro

oleh
Masyarakat setempat bersama BPBD membuat tanggul darurat agar longsor tak meluas

KRAGAN – cbfmrembang.com, Banjir di Kecamatan Kragan beberapa waktu yang lalu, menyebabkan jalan Desa Woro Kecamatan Kragan longgsor hampir separuh. Jalan yang longsor berlokasi berdekatan dengan sungai wilayah setempat.

Jalan tersebut penghubung antara Dukuh Srambit, Ngablak, dan Dukuh Tegalsruan. Ketiganya merupakan dukuhan di Desa Woro. Jalan yang hampir putus tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Razia Gabungan Jelang Lebaran, Petugas Temukan Kendaraan 1 Bus Melanggar

Melihat kejadian ini, Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Rembang bersama para relawan mengambil langkah penanganan sementara, agar tidak terjadi longsor susulan.

Kasi Kedaruratan BPBD Pramujo mengatakan, kejadian tersebut wilayah Kecamatan Kragan turun hujan yang sangat lebat hingga membuat sebagian wilayah kecamatan tersebut banjir dan merendam beberapa desa.

Jalan yang tergerus banjir setinggi 9 meter, dengan panjang 15 meter.

“Kronologi kejadian terjadi pada hari Kamis kemarin terjadi hujan yang sangat tinggi curahnya sehingga menyebabkan beberapa desa terkena banjir. Termasuk Woro tebing sungai tergerus sungai sehingga tergerus banjir sepanjang 15 meter, dengan tinggi 9 meter,” jelasnya.

Agar aktifitas berjalan lancar, warga bersama masyarakat setempat bekerjasama relawan melakukan kerja bakti, menata jalan yang longsor.

Bahan material berupa bongkotan bambu, gedek/Sasak untuk Rajeg, karung dan tanah urug tras bantuan dari BPBD Kabupaten Rembang.

Untuk penanganan permanen sdh dianggarkan dari pihak Desa melalui dana DD Tahun Anggaran 2019. ( Asmui / Mifta )