Pemkab Akan Lengkapi Sekolah Dengan Fasilitas Ramah Disabilitas

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Pemerintah Kabupaten Rembang segera menyiapkan fasilitas pendukung bagi para siswa siswi penyandang disabilitas di Sekolah. Hal itu di upayakan agar penyandang disabilitas dapat menikmati pendidikan yang sama dengan siswa normal.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz mengakui jika saat ini masih minim fasilitas untuk para penyandang disabilitas di sekolah normal. Yang saat ini terjadi penyandang disabilitas kesulitan untuk mendapat pendidikan normal karena dianggap tidak mampu belajar. Selain itu, mereka juga kerap kali dianggap sebagai pengganggu atau penghambat dalam proses pembelajaran.

Razia Gabungan Jelang Lebaran, Petugas Temukan Kendaraan 1 Bus Melanggar

Oleh sebab itu, Bupati memberi arahan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) untuk menambahkan akses fasilitas bagi penyandang disabilitas. Agar para penyandang disabilitas dapat menikmati pendidikan yang sama dengan siswa lainnya.

“Pak kepala dinas coba nanti di Sekolahan ini selalu diberi fasilitas bagi anak yang disabilitas, aksesnya dikasih. Karena sekarang dituntut oleh pemerintah tidak ada diskriminasi antara penyandang disabilitas dan yang sempurna. Makanya harus ada akses untuk memfasilitasi anak tersebut,” tutur Bupati.

Dalam penyelenggaraan sistem pendidikan faktor-faktor yang menyebabkan terbatasnya peluang belajar bagi anak-anak penyandang disabilitas seperti penyediaan guru yang terlatih juga harus menjadi perhatian. Pasalnya tidak semua guru bisa mengajar atau mendidik siswa yang memiliki kebutuhan khusus. (Rendi/Mifta)