Pasien Rujukan RSUD difasilitasi aplikasi Arjuno

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soetrasno Rembang telah meluncurkan layanan rujukan online melalui Aplikasi Rujukan Online (Arjuno). Sejak awal tahun 2017 hingga Maret 2019, ada 3.167 orang pasien dari Puskesmas yang memanfaatkan layanan tersebut.

Direktur Rumah Sakit dr. R. Soetrasno Rembang, Agus Setyo Hadi Purwanto mengatakan dari angka tersebut, Puskesmas Kragan II menjadi Puskesmas yang menggunakan aplikasi rujukan online paling banyak, yakni 663 pasien, sedangkan paling sedikit Puskesmas Gunem hanya 3 orang pasien.

Razia Gabungan Jelang Lebaran, Petugas Temukan Kendaraan 1 Bus Melanggar

“Jadi Puskesmas sudah mempunyai perangkat tablet, mereka setiap menit bisa memantau kondisi tempat tidur di rumah sakit. Yang paling tinggi memakai rujukan online, Puskesmas Kragan. Sedangkan yang paling sedikit Puskesmas Gunem. Ya memang muda-mudahan nggak ada pasien yang harus dirujuk, “ terangnya.

Melalui sistem itu, menurutnya, Puskesmas dapat mengetahui berapa jumlah tempat tidur yang kosong di rumah sakit. Begitu pula pihak rumah sakit dapat memantau sudah sampai mana mobil Puskesmas, ketika perjalanan akan merujuk pasien.

Untuk melayani pasien rujukan pihaknya telah menyiagakan 30 orang dokter spesialis dan tempat tidur 298 biji.(Masudi/Mifta)