Masyarakat Dianjurkan Urus Akte dan E-KTP Sendiri

oleh

REMBANG-cbfmrembang.com, Seringkali terdengar suara dari sebagian masyarakat yang meminta penerbitan KTP Elektronik bisa dilakukan di Kecamatan saja tanpa harus ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) kabupaten Rembang. Terlebih bagi mereka yang tinggal di wilayah kecamatan yang jauh dari pusat kota.

Menanggapi permintaan dari sebagian masyarakat tersebut, Kepala Dindukcapil Kabupaten Rembang , Daenuri mengatakan KTP elektronik harus di Dindukcapil. Hal itu merupakan amanat Undang-undang (UU) administrasi kependudukan.

Memang pengurusan penerbitan E-KTP bisa dititipkan. Namun pihaknya menghimbau agar masyarakat lebih baik mengurus sendiri ke kantor Dindukcapil karena kegunaan KTP berlaku seumur hidup. Bila dibanding mengurus Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang berlaku 5 tahun saja bisa datang ke Rembang.

“KTP ini berlakunya seumur hidup,terlebih kegunaan KTP untuk persyaratan berangkat haji/umroh, naik pesawat, kereta, kapal, perbankan, hak waris dan lain-lain,” ujarnya.

Berdasarkan data di Dindukcapil Kabupaten Rembang, per Desember 2017 jumlah pemilik KTP sebanyak 223.606 dari 487.998 wajib KTP dari 628.579 jumlah penduduk kabupaten Rembang.(Masudi/Mifta)