Logistik Untuk Pilgub Jateng 2018 Mulai Disiapkan

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Rembang mulai menyiapkan logistik yang akan digunakan pada pilgub tanggal 27 Juni mendatang. Pasalnya hari pencoblosan tinggal berapa hari lagi.

Ketua KPUK Rembang Minanus Su’ud dihubungi Kamis (7/6) menjelaskan kebutuhan logistik dipaking melibatkan jajaran PPK dan PPS. Dijadwal bergiliran dan pengepakan disesuaikan jumlah TPS di wilayah masing-masing.

“Logistik yang disiapkan meliputi kotak suara, bilik dan dokumen yang dibutuhkan saat pencoblosan,’ terangnya.

Pastinya kebutuhan logistik ada yang beda lanjut Minanus utamanya surat suara karena mengacu DPT tiap TPS. Hanya saja tetap ada penyeragaman pada item tertentu.

“Tiap TPS disiapkan dua bilik dan satu kotak suara,” paparnya.

Minanus tuturkan terkait surat suara khusus berhuruf braille atau template untuk warga pemilih penyandang tuna netra termasuk logistik yang juga disiapkan. Dialokasikan 1.300 lembar sesuai jumlah TPS yang digunakan pada pilgub nanti.

“Tiap TPS disediakan selembar baik digunakan atau tidak. Jika nanti kedapatan ada pemilih tuna netra lebih dari seorang maka akan diambilkan dari TPS lain terdekat dan dibuat berita acara,” imbuhnya.

Ditambahkan, distribusi logistik sudah dijadwalkan yaitu maksimal tanggal 23 Juni sampai di PPK dan tanggal 25 Juni sudah diterima PPS. Esok harinya 26 Juni sudah harus berada di TPS.

“Selama belum digunakan pada jam pencoblosan tentunya harus dalam kondisi tersegel dan dijaga ketat oleh KPPS dan aparat keamanan yang dilibatkan,” imbuhnya. ( Heru / MIFTA )