Kurang Tertib, Satpol PP Tambah Pos Jaga di Alun-alun

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Pemerintah Kabupaten Rembang akhirnya menambah sebuah pos jaga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di area alun-alun kota Rembang untuk tetap menjaga ketertiban diwilayah tersebut.

Hal itu dilakukan sebagai respon pemerintah atas keluhan masyarakat banyaknya pengemis, dan pengamen yang sering meminta-minta, apalagi dengan cara memaksa.

Kasi Penegakan Perda Pada Satpol PP Rembang Nurwanto mengatakan, penempatan anggota jaga Satpol PP sudah berjalan sejak seminggu terakhir. Hal itu sekaligus untuk melakukan sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2019 tentang ketertiban umum.

Perda No2 Tahun 2019 merupakan hasil revisi dari perda Nomor 6 tahun 1977 tentang ketertiban. Perda tersebut dilakukan perubahan dengan versi terbaru. Dengan adanya perda ini, sekaligus untuk melengkapi Perda tantang PKL. Dimana didalam, terdapat sangsi administrasi dan pidana jika melanggar Perda tersebut

“Ini memang Perda lama mas, Perda Nomor 6 Tahun 1977, dirubah agar lebih uptodate. Perda ini juga melengkapi Perda tentang PKL, jika di Perda PKL hanya sangsi administrasi, maka di Perda ini bisa dikenakan hukuman pidana juga,” kata Nurwanto.

Sejak tanggal 20 Februari 2019, pihak Satpol PP menempatkan anggota berjaga di pos utara alun-alun kota Rembang. Selain di pos jaga, anggota juga diterjunkan untuk melakukan patroli keliling. ( Asmui / Mifta )