Kunjungan Wisata ke Rembang Capai 1,5 Juta Orang

oleh
Kepala Desa Kadiwono bersama sejumlah pengunjung rumah pohon di Desa Kadiwono Bulu

REMBANG – cbfmrembang.com, Kunjungan wisatawan yang mendatangi seluruh obyek wisata yang ada di Kabupaten Rembang secara global pada tahun 2018 ini jumlahnya mencapai 1,5 juta orang. Jumlah tersebut dihitung sejak Januari, sampai dengan Desember 2018 ini.

Salah satu tempat favorit para wisatawan untuk berkunjung ke Rembang ialah kawasan pantai seperti, Karangjahe, Pantai Pasir Putih di Desa Wates, pantai Caruban, Balongan, dan pantai-pantai lainnya. Meski demikian tempat wisata lainnya juga mengalami lonjakan pengunjung. Wisatawan lokal masih mendominasi kunjungan. Namun demikian wisatawan luar daerah yang berkunjung juga melonjak drastis.

Bupati Rembang H Abdul Hafidz saat acara dinamika pembangunan di Kecamatan Bulu hari Rabu (26/12/2018) kemarin berharap pengembangan sektor pariwisata agar terus didorong. Karena Kecamatan Bulu termasuk wilayah yang memiliki banyak potensi wisata. Seperti yang sudah ada, Makam Raden Ayu Kartini, kolam pemandian, tempat sejumlah wisata religi. Sedangkan tempat wisata yang baru bermunculan seperti, Gua Lowo hingga agrowisata.

“Pariwisata mempunyai nilai ekonomi yang sangat luar biasa. UMKM yang ada di desa setempat, dan luar desa bisa hidup semua,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, Pemkab Rembang telah membuat kebijakan membangun sarana penunjang untuk obyek wisata. Salah satunya pelebaran akses jalan menuju pantai Karangjahe. Selain itu, sebagian dana desa (DD) juga dapat digunakan untuk pengembangan pariwisata, dengan dibentuk BUMDes.

PLT Camat Bulu Slamet Haryanto mengatakan, jika potensi yang ada saat ini sedang dalam pengembangan pemerintah desa, maupun masyarakat setempat. Potensi wisata yang mulai dirintis untuk dikembangkan di Kecamatan Bulu ialah, Kedung Semar di Desa Mlatirejo, Goa Lawa di Desa Pasedan, dan rumah pohon di Desa Kadiwono. Untuk agrowisata seperti buah durian, dan jambu citra yang berada di Dukuh Ngotoko Desa Pasedan.

Kepala Desa Kadiwono Kecamatan Bulu Ahmad Ridwan mengaku, rumah pohon yang sedang dirintisnya dengan memanfaatkan potensi lokal, termasuk tukang yang membuatnya.

Selain itu, di jalan masuk menuju desa juga dibuat taman yang indah seperti, diberinama taman Pandan Sili. Semua wisata yang dikembangkan nantinya cocok untuk bersuafoto. ( Asmui / Mifta )