KPU Tuntaskan Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara

oleh

REMBANG – cbfmrembang,com, Rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU Rembang Kamis pagi (05/07/2018) sudah selesai digelar di pendapa kompleks museum Kartini Rembang.

Pasangan Ganjar – Yasin berhasil meraih 215.060 suara, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Sedangkan pasangan Sudirman – Ida memperoleh 87.803 suara.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang M Salam menyebutkan, jumlah suara sah sebanyak 302.863 suara dan suara tidak sah 11.071 suara.

Dengan jumlah DPT 475.730, maka tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub Jawa Tengah 2018 di Kabupaten Rembang mencapai 65,98 persen.

“Rekapitulasi kita lakukan mulai dibukanya sidang pleno terbuka rekapitulasi ditingkat Kabupaten pembacaan dilakukan secaraberurutan dari PPK yang pertama yang yabg terakhir. Alhamdulillah rekapitulasi lancar,” katanya.

Setelah di tingkat kabupaten, rekapitulasi akan dilanjutkan di tingkat Provinsi Jawa Tengah pada 7-8 Juli 2018.

Meski rekapitulasi berjalan lancar, namun ada beberapa kejadian khusus yang tercatat seperti keberatan saksi dan rekomendasi dari Panitia Pengawas Pemilu.

“Kami berterima kasih kepada pihak kepolisian karena pengamanan selama tahapan Pilgub berjalan maksimal, sehingga lancar,” tegasnya.

Rekapitulasi juga mendapatkan pengawalan ketat dari aparat Polres Rembang. Semua tamu yang akan masuk disekitar area penghitungan, harus menjalani pemeriksaan barang bawaan. ( Asmui / Mifta )