KPU Tetapkan 90 Titik yang Diperbolehkan Untuk Kampanye

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang Kamis pagi (21/03/2019) mengelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait penetapan jadwal resmi dan lokasi yang diperbolehkan bagi partai politik untuk menggelar kampanye umum pada pemilu 2019.

Rapat kampanye umum partai politik pada pemilu 2019 ini disesuaikan dengan kampanye pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Rembang, M Ika Iqbal menerangkan bahwa KPU memberi waktu selama 21 hari bagi parpol untuk menggelar kampanye umum.

“Yaitu mulai tanggal 24 Maret hingga 13 April. Dan untuk lampanye rapat umum itu waktunya dari pukul 09.00 Wib hingga 18.00,” kata Ikbal.

Ikbal menambahkan, untuk titik lokasi kampanye rapat umum pun sudah ditentukan KPU Kabupaten Rembang yakni ada 90 titik yang tersebar di 7 daerah pemilihan atau (Dapil).

“Untuk Kecamatan – kecamatan memang kita sepakat lapangan menjadi satu-satunya lokasi yang diperbolehkan untuk dijadikan lokasi kampanye. Jadwalnya sudah mulai,” tambahnya.

Sementara itu Asisten Pemerintahan Sekda Rembang yang, Ahmad Mualif mendukung penuh kebijakan yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum.

“Rapat koordinasi ini tujuannya adalah untuk membahas tentang tepatnya yang menjadi titik kampanye. Yang menjadi ujung tombak ada di pihak kepolisian. Karena mereka yang menjadi penentu perijinan,” kata Mualif.

Untuk kampanye melalui media massa sendiri, KPU juga memberikan waktu yang sama dengan waktu yang diberikan untuk kampanye rapat umum.

Mengenai lokasi stategis, KPU menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Bagi Parpol yang mengajukan ijin lebih dahulu, dia yang berhak menempati lokasi stategis tersebut. (Asmui/Mifta)