KPU Rembang Mulai Pengiriman Surat Suara

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang mulai Rabu pagi (11/4/2019) hari ini, mulai melakukan pendistribusian surat suara untuk Pemilihan Umum 2019.

Hari pertama yang menjadi tujuan pengiriman logistik Pemilu adalah Kecamatan Sulang, dan Bulu. Jika waktunya masih cukup, logistik Pemilu juga akan dikirim ke Kecamatan Gunem. Distribusi dilalukan dengan menggandeng pihak ketiga, dalam hal ini PT Pos Indonesia.

Anggota Komisioner KPU Rembang yang membidangi teknis Penyelenggaraan Zainal Arifin menyampaikan, jika surat suara yang sebelumnya sempat kurang, sudah dipenuhi oleh KPU pusat, dan sudah diterima KPU Rembang.

Ia mengaku, mengenai persiapan pengiriman, sudah siap seratus persen. Baik dari segi tempat penyimpanan di tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), maupun keamanan dari pihak kepolisian.

“Hari ini kita pengepakan sudah final ya, kemarin kita sudah dapat penambahan susar suara yang kurang, dan hari ini (11 April red) mulai pengiriman Kecamatan Sulang dan Bulu kita kirim ke PPK. Mungkin kalau waktunya cukup malam bias sampai Gunem. Laporan dari PPK temp[at penyimpanan dari PPK mengaku siap, kemarin kita sudah koordinasi dengan Forkopimcam,” kata Ipin nama panggilan Zainal Arifin.

Selama proses pengiriman, kendaraan yang membawa surat suara akan mendapatkan pengawalan ketat dari aparat Kepolisian. Sedangkan selama penyimpanan sampai hari pencoblosan berlangsung jajaran Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) akan mengenakan piket jaga secara bergiliran.

Proses pendistribusian sendiri KPU memperkirakan akan memakan waktu selama seminggu. Selama itu pula, pihak penyelenggara Pemilu akan terus memantau perkembangan situasi di Kabupaten Rembang bersama Pemkab dan pihak terkait lainnya. ( Asmui / Mifta )