KPU Rembang Mulai Lipat Surat Suara Pilgub Jateng

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018. Surat suara sudah datang sejak Selasa malam (22/05/2018).

Salah satu anggota Komisioner KPU Nurul Muasiroh mengatakan pelipatan dan sortir surat suara dimulai hari Rabu pagi 23 Mei, dengan melibatkan 10 orang sebagai tenaga pelipat. Jumlah kertas surat suara tersebut mengikuti perhitungan dari daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan yakni sebanyak 475.730 ditambah 2,5 persen sebagai cadangan.

“Jumlah surat suara keseluruhan berdasarkan 475.730 lembar, ditambah 2,5 persen dari DPT,” ujar Nurul Muasiroh saat dihubungi reporter Radio CBFM Rembang.

Penyortiran dilakukan untuk memastikan surat suara yang akan digunakan untuk Pilgub benar-benar sempurna dan dapat digunakan.

“Kalau nanti ditemukan surat suara yang tidak sesuai, akan kami kembalikan ke KPU Provinsi. Dari sana nanti akan diganti dengan yang baru,” terangnya.

Ia melanjutkan, kategori surat suara rusak yang harus disortir misalnya, warna tidak jelas, terdapat bercak tinta, sobek dan berlubang. Jika ditemukan, pihaknya langsung mengirimkan ke provinsi untuk dilakukan pengadaan baru.

Surat suara datang dengan pengawalan ketat, aparat keamanan, dan disaksikan langsung oleh Panitia Pengawas Pemilu(Panwaslu) Kabupaten Rembang sampai dengan pelipatan dan pendistribusian. Pelipatan diperkirakan akan memakan waktu 10 hari kedepan.( Asmui / Mifta )