KPU Rembang Gelar Simulasi Pelaksanaan Pemilu

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Rabu siang (03/04/2019) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara dihalaman kantor Kecamatan Rembang kota.

Ketua KPU Rembang M Ika Iqbal Fahmi mengatakan, simulasi tersebut merupakan agenda wajib dilakukan penyelenggara Pemilu disemua tingkatan. Baik jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat desa. Simulasi tersebut digelar serentak se Indonesia.

Ikbal menambahkan, meski selama ini para penyelenggara Pemilu sudah menerima pembekalan teknis secara teori, hal tersebut belum bisa dikatakan lengkap karena belum praktik secara langsung.

“Program simulasi ini memang sifatnya berjenjang mulai dari KPU RI sampai tingkat paling bawah, ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM penyelenggara kita,” tambahnya.

Simulasi tersebut melibatkan sekitar 150 pemilih yang terdiri dari PPK se-Kabupaten Rembang dan PPS se-Kecamatan Rembang. Para penyelenggara Pemilu masing-masing berperan sebagai KPPS, saksi Parpol, PTPS, petugas keamanan, dan pemilih.

Dalam simulasi dimulai dengan pemungutan suara, membuka kotak suara, menghitung jumlah surat suara datang. Selain itu mekanisme penghitungan surat suara setelah pemungutan rampung.

Adapun urutan penghitungan surat suara dimulai dari surat suara Pilpres dilanjutkan dengan DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Rata-rata para PPK mengaku sangat terbantu dengan adanya simulasi tersebut. Karena selain teknik penyelenggaraan, dalam kesempatan itu juga dibekali kemungkinan terjadi masalah dan cara menyelesaikannya. (Asmui / Mifta)