KPU Rembang Akan Coret Satu Nama Caleg Mantan Koruptor

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang mengaku akan mencoret nama satu orang caleg jika partai yang bersangkutan enggan mengganti kandidat bakal Calegnya.

KPU Rembang Minannus Suud membenarkan jika ada salah satu partai politik di Kabupaten Rembang yang mengajukan satu nama bakal Caleg yang pernah menjalani vonis korupsi.

Namun pihaknya sudah meminta kepada partai yang bersangkutan untuk mengganti Caleg tersebut. Jika tidak diindahkan, maka KPU Rembang akan melakukan pencoretan sendiri ditingkat kabupaten.

“Iya ada, kemarin sudah kita sampaikan bahwa calon yang sudah kita lakukan verifikasi terhadap lembaga terkait bahwa calon tersebut sudah punya keputusan tetap tentang tindak pidana korupsi. Kita sampaikan ke partai, kalau nanti partai tetap memasukkan nama itu, kita akan melakukan pencoretan ditingkat KPU Rembang.” jelas ketua KPU.

Sementara itu, KPU Rembang menyatakan telah mencoret Partai Bulan Bintang atau (PBB) dari daftar peserta kontestasi pemilu legislatif 2019. Karena partai tersebut tidak mengajukan perbaikan dokumen pendaftaran Calegnya. Batas akhir masa perbaikan sendiri sudah berakhir pada tanggal 31 Juli 2018 kemarin.

“Semua partai sudah melakukan perbaikan, hanya satu partai yang tidak melakukan perbaikan , yaitu PBB. Kita tunggu sampai denganpukul 24.00 WIB tidak datang. Secara otomatis PBB nanti untuk calonnya kosong secara ketentuan tidak bisa dipilih karena tidakada caleg yang melakukan perbaikan.” bebernya.

Pada awal pendaftaran, PBB mengajukan tiga nama sebagai bakal Caleg. Pada masa perbaikan berkas, pengurus partai menyatakan menyerah, dan tidak melanjutkan dengan pertimbangan tertentu.

“PBB dari pengajuan awal mengajukan bakal Caleg walaupun jumlahnya sangat minim kemudian disaat perbaikan, mungkin ada pertimbangan tertentu akhirnya PBB kita undang pengurusnya menyatakan menyerah untuk tidak melanjutkan pada Pemilu Legislatif tingkat Kabupaten Rembang ya kita hargai itu.” tambah Minanus Suud.

Setelah masa perbaikan berkas pendaftaran rampung KPU Rembang masih akan memverifikasi berkas hasil perbaikan, atas dokumen yang diberikan Parpol, dimulai pada tanggal 01 sampai 07 Agustus 2018. Tahapan ini dilakukan untuk melihat keabsahan dokumen yang dilampirkan oleh Caleg, seperti ijazah. ( Asmui / Mifta )